“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Tuesday, May 5, 2009

Ayam Silkie Berdaging Hitam

Daging ayam Silkie memang berwarna hitam
Bila pada umumnya daging ayam itu memiliki warna putih kekuningan, bagaimana dengan daging ayam berwarna hitam?

Di China, ada salah satu jenis ayam yang disebut ayam slike yang memiliki kulit, tulang, dan organ internal berwarna hitam, termasuk bagian dagingnya. Selain ayam slike, memang ada beberapa keturunan ayam hitam lainnya, namun tetap yang paling populer adalah ayam slike.

Ayam Silkie memiliki bulu yang halus sesuai dengan namanya Silky (halus) asal kata Silk (sutra), di mana bulunya digambarkan memiliki kehalusan seperti sutra. Sementara itu, ayam yang dijuluki "wu gu ji" ini memiliki kulit warna gelap kebiruan dan tulang hitam pekat.
Ayam Silkie berbulu halus
Di negara-negara barat, ayam silkie dijual sebagai ayam hiasan, sementara di China ayam ini dianggap sebagai makanan enak dan bergizi.

Beberapa perempuan juga mengonsumsi daging ayam ini setelah melahirkan karena dianggap bisa memberikan dorongan energi. Selain itu, ayam ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan darah, perut dan paru-paru.

Masyarakat di China biasanya tidak memanggang atau menggoreng ayam ini, melainkan dengan menjadikannya kaldu yang dicampur dengan ginseng, jujubes, dan wolfberries.
Ternak Ayam Silkie
Lantas apa yang membuat ayam ini memiliki daging berwarna hitam? Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011, ayam silkie memiliki Endhothelin 3, sebuah gen yang dikenal untuk mempromosikan pertumbuhan sel-sel pigmen.

Ayam Silky

Karena sel-sel pigmen tersebut terlalu besar, alhasil kulit, tulang dan bagian organ internal ayam silkie memiliki warna hitam pekat.

The Silkie is a very old breed of hen and despite their light weight, are still classed as ‘large fowl’ in the UK. They are found in history books going back around 2000 years ago in China, reaching the UK around the mid 1880’s.

Silkie chickens have unusual fluffy feathering, a head crest, very dark skin caused by melanotic gene and 5 toes that are covered with feathers. They are a unique breed. It is thought (although as yet unproven) that the Silkie might have been crossed with other breeds when it reached Europe to create breeds such as the Poland and Sultan. Silkie chickens are very popular with hobby keepers as is the name ‘cloud’ for a white Silkie!

Silkies adapt well to being confined and are fairly docile, making good pet chickens as well as fantastic broodies, pure or crossed with other breeds.

Semoga bermanfaat,
Ded Lee

No comments:

Post a Comment