“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Monday, October 26, 2015

Obat Penghilang Pegal Warga Papua


Daun penghilang pegal
Bukan salep atau koyo, orang-orang pedalaman Papua punya cara sendiri untuk menghilangkan pegal-pegal di badan. Inilah daun gatal, obat ajaib yang bikin gatal dan bentol tapi pegal-pegal langsung hilang!

Daun gatal di pedalaman Papua banyak ditemui di hutan, di ketinggian 2.000-an mdpl. Daun ini wujudnya seperti daun sirih, namun bagian atasnya memiliki duri (Afif/detikTravel).

Daun gatal (Laportea decumana)

Daun gatal (Laportea decumana), di Pulau Jawa namanya daun jelatang. Bagi Suku Moni dan Dani di pedalaman Papua, daun gatal dipakai untuk menghilangkan pegal-pegal di badan (Afif/detikTravel)

Gosokan daun tersebut ketempat yang pegal
Bagaimana cara memakainya? Bagian yang ada duri, digosokan ke bagian tubuh yang pegal. Boleh di kaki, tangan, atau punggung. Malah, orang Papua memakainya ke seluruh badan! (Afif/detikTravel)

Gosokan daun tersebut pada kulit di lokasi kaki yang pegal
Ketika kulit kena gesekan daun gatal, rasanya sakit. Seperti digigit oleh semut saja tapi dengan jumlah yang sangat banyak (Afif/detikTravel)

Bagian yang digosok daun timbul bentol-bentol warna merrah
5-10 Menit kemudian, bagian tubuh yang digosok daun gatal akan berwarna merah dan bentol. Bentolnya pun sangat banyak, bukan cuma satu dan dua. Melihat bentolnya, bikin merinding (Afif/detikTravel)

Tekstur daun gatal
Daun gatal diyakini memiliki asam formiat. Saat duri-durinya mengenai tubuh, asam formiat mempengaruhi terjadinya pelebaran pori-pori tubuh dan merangsang peredaran darah menjadi lancar. Itulah sebabnya rasa pegal akan hilang.

Kebiasaan orang papua berjalan jauh
Masyarakat Papua yang tinggal di pedalaman, mengantongi daun gatal untuk berpergian jauh. Mereka pun sudah biasa memakainya untuk menghilangkan pegal dan terus kuat berjalan.


Semoga Bermanfaat,