“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, October 17, 2014

Manfaat Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka apel (apple cider vinegar) merupakan cairan berwarna coklat yang terbuat dari fermentasi buah apel. Cuka apel sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena sifat-sifatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan infeksi, seperti sinusitis, demam, dan flu.

 Meminum cuka apel setiap hari akan membantu memperbaiki pencernaan dan menyembuhkan banyak penyakit kronis, seperti depresi, kelelahan, arthritis, serta dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Sejarah Cuka Apel
Cuka apel telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai keluhan penyakit. Hipprocates, bapak kedokteran modern, merekomendasikan penggunaan cuka apel yang dicampur dengan madu untuk mengobati demam dan flu pada tahun 400 SM.

Sejak itu, cuka apel terus digunakan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk nyeri. Cuka apel  juga digunakan oleh tentara Romawi dan para pendekar samurai Jepang sebagai ramuan untuk kesehatan, kekuatan, dan vitalitas.

Cuka apel juga digunakan pada perang saudara Amerika sebagai antiseptik untuk membersihkan luka tentara dan terus digunakan untuk tujuan yang sama pada Perang Dunia I.

Cuka apel dan khasiatnya adalah :

1. Membantu menyembuhkan luka
Cuka apel dan khasiatnya adalah bisa membantu dalam menyembuhkan luka secara alami. Dan jika suatu saat Anda mengalami luka, maka cobalah menggunaan cuka apel. Cuka apel yang bisa membantu dalam menyembuhkan luka dengan cara mencegah terjadinya penyebaran bakteri yang terjadi diatas luka. Selain itu juga manfaat cuka apel yang bisa membantu dalam proses penyembuhan secara alami dan juga membantu mengurangi gatal yang biasanya muncul disaat luka sudah mulai sembuh.

2. Stabilkanlah tekanan darah
Buah apel yang dikenal mengandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Disaat difermentasikan untuk diubah menjadi cuka, maka cuka apel dan khasianya tetap memberikan manfaat yang baik. Dan diantaranya adalah membantu untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta keluhan pada pembuluh darah, sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan secara alami.
Cuka apel dan khasiatnya karena mengandung sumber serat larut yang paling baik, terbebas dari kolesterol dan juga lemak serta mengandung kandungan natrium didalamnya. Dan kandungan pektin yang juga sangat baik dalam membantu menekan kolesterol tinggi yang menjadi penyubat pembuluh darah serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Membantu menurunkan berat badan secara alami
Cuka apel dan khasiatnya yang sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan. Salah satu testimoni pengguna yang menunjukkan khasiat dari Cuka apel adalah sebulan mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel yang dicampurkan dengan 1 gelas air dingin sebelum sarapan membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, efek lainnya adalah menurunkan minat pada makanan yang mengandung lemak tinggi.

4. Membantu memelihara kesehatan rambut
Manfaat cuka apel dalam membantu membuat rambut lebih sehat. caranya adalah gunakanlah botol shampoo yang kosong, dan isilah dengan ½ sendok makan cuka apel serta secangkir air dingin. Gunakanlah campuran tadi untuk diguakan sebagai bilasan akhir yang dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

5. Membantu untuk merawat kesehatan wajah
Cuka apel dan khasiatnya yang lain adalah membantu untuk meregulasi keseimbangan dari pH pada kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan perbandingan 1:2, kemudian celupkanlah kapas, dan diaplikasikan pada wajah dan digunakan sebagai toner. Kemudian gunakanlah campuran ini digunakan dimalam hari setelah Anda membersihkan wajah, dan gunakan di pagi hari sebelum Anda mengoleskan pelembab wajah. Selain itj juga Anda bisa langsung mengoleskan cuk apel pada flek hitam di wajah, dan biarkanlah selama semalaman dalam membantu memudarkan warna kehitaman yang muncul. Tetapi sebaiknya jangan digunakan secara langsung untuk tujuan memutihkan kulit wajah, karena sifat asam pada cuka apel akan membuat lapisan kulit menjadi rusak.

6. Membantu menghilangkan noda pada gigi
Manfaat lain dari cuka apel adalah membantu menghilangkan noda pada gigi.

7. Membantu meredakan iritasi yang terjadi pada kulit setelah Anda bercukur
Cuka apel dan khasianya yang sangat baik digunakan sebagaii aftershave. Isilah botol kosong yang berisi dengan cuka apel dengan perbadingannya yang sama. Setelah itu kocoklah. Cuka apel bisa digunakan sebagai cairan untuk setelah bercukur, dan untuk membantu meredakan kulit yang mengalami iritasi ringan.

8. Membantu mengobati rematik
Cuka apel dan khasianya yang lain adalah membantu mengobati masalah rematik dan nyeri sendi. Kandungan kalium yang ada didalamnya yang bisa membantu mengurangi terjadinya endapan kristal asam yang bisa tumbuh pada daerah sekitar tulang sendi. Sedangkan kandungan asam maltat yang doproduksi lewat hasil fermentasi, yang bisa memproduksi aksi untuk membersihkan sel dan membantu membuat terlihat lebih awet muda. Kandungan magnesium yang ada didalamnya yang bisa bertindak sebagai lem untuk membatu merekatkan kalsium dan fosfotr tulang yang ada didalam tubuh untuk bisa melawan terjadinya penyakit osteoporosis atau masalah tulang rapuh.

9. Membantu mengusir rasa pegal di kaki
Cuka apel dan khasiatnya yang bisa membantu mengusir rasa pegal di kaki. Anda bisa memanfaatkan cuka apel yang bisa membantu menarik laktat atau asam susu yang menjadi salah satu penyebab munculnya rasa pegal atau rasa tidak enak pada otot sehingga akan membantu dalam menghilangkan pegal yang muncul. Itulah informasi mengenai cuka apel dan khasianya semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Terimakasih.
Ded Lee

No comments:

Post a Comment