“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, January 15, 2015

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Gerbang Gunung Merbabu via Wekas
Sumber: Jejak Petualang
Jalur Wekas adalah jalur pendakian gunung Merbabu yang memiliki trek medium dan pemandangan yang indah. Wekas adalah daerah di kabupaten Magelang.
Untuk mencapai Wekas yang perlu kita catat adalah jalan dari Magelang. Kita harus menuju Magelang kota terlebih dahulu. Untuk transportasi kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan Yogyakarta – Magelang. Selengkapnya ada pada keterangan di akhir artikel. Biar lebih gampang perhatikan gambar berikut:

BASECAMP JALUR WEKAS

Carilah basecamp untuk pendakian gunung Merbabu sesaimpainya di Wekas. Lebih baik tanyakan kepada warga setempat. Sesampainya di basecamp lakukanlah pendaftaran. Tiket mendaki Rp 10.000/orang/hari (update 2015). Untuk parkir kendaraan motor Rp 3.000, mobil RP 10.000. Di basecamp kita juga bisa memesan makanan dan minuman terlebih dahulu. Kondisikan diri atau tim sebelum memulai perjalanan.
Persiapan terakhir sebelum berangkat adalah cek perlengkapan mendaki dan cek juga kondisi kesehatan. Satu lagi jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian.

JALUR PENDAKIAN WEKAS

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp – Pos II /Pos I sudah tidak digunakan (3,5jam)
Cek poin-cek poin yang dapat ditemui adalah: air terjun kecil, pohon ambruk miring, jalan menyamping di sebelah hamparan ilalang, Pos 1 telaga arum, pohon tumbang miring, hutan monyet, jalur pipa ganda, zona bekas hutan terbakar, jalur landai terowongan semak-semak, dan Pos 2.

Foto penampakkan Pos 2. Di Pos 2 lahannya luas dan lapang. Di pos ini cocok sekali untuk mendirikan tenda.
Pos II – Persimpangan kedua sebelum puncak (4 jam)
Pada jalur ini kita akan sampai pada percabangan atau titik pertemuan dengan jalur via Kopeng Thekelan dan Cunthel. Nah, kita bisa memilih jalur kiri atau jalur kanan. Jika ambil kiri kita akan bertemu dengan Pos Helipad dan tower pemancar. Jika ambil kanan kita akan bertemu bukit seperti biasa.
“Persimpangan menuju tower pemancar”
“Jembatan Setan”
 “Kawah Merbabu”

Persimpangan – Puncak Syarif (30 menit)
Persimpangan menuju Puncak Syarif
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo/Trianggulasi (30 menit)
Puncak Syarif 3119 mdpl
Puncak Kenteng Songo/Trianggulasi 3142 mdpl
Nah, sekarang kita rekap ulang ya :
Basecamp – Pos II (3,5 jam)
Pos II – Persimpangan kedua sebelum puncak (4jam)
Persimpangan – Puncak Syarif (30 menit)
Puncak Syarif – Puncak Kenteng Songo (30 menit)
TOTAL = 8jam 30 menit
Untuk perjalanan turun gunung kita bisa kurangi 20-40% waktunya. Jadi jika 8,5jam untuk naik maka bisa kita ambil 5jam-6jam untuk turun gunung.

No comments:

Post a Comment