“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, February 20, 2019

Budidaya Ikan Arwana


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuhu,
Para pembaca yang baik hati, untuk postingan yang kesekian kalinya ini penulis akan berbagi ilmu tentang budidaya ikan arwana, sudah pasti diantara kita banyak yang sudah mengenal ikan arwana. Karena ikan ini khususnya untuk yang jenis Super Red, harganya bisa sangat mahal seiring dengan pertumbuhannya.

Jadi apabila kita mau mencoba memulai menggeluti budidaya ikan arwana ini, supaya kita tidak menghabis-habiskan modal, maka kita harus mengerti dahulu apa saja yang harus disiapkan sebelum kita memulai membeli dan memelihara ikan termahal tersebut. Karena apabila kita tidak mempersiapkannya maka sudah tentu biaya modal yang sangat tinggi untuk membeli bibit ikan ini akan terbuang sia-sia apabila ikan yang kita pelihara nanti mati karena kurang perawatan.

Budidaya ikan arwana memang tidak semudah memelihara ikan hias lainnya. Karena kita harus membutuhkan modal yang cukup banyak terutama untuk pembelian bibit dan akuarium. Selain itu dalam pemeliharaannya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tetapi budidaya ikan arwana ini memang sangat menjanjikan, karena daya jual yang menggiurkan. Mari kita ikuti cara budidaya ikan arwana berikut:


MEDIA PEMELIHARAAN

Dalam budidaya ikan arwana, media yang berupa akuarium dan kolam dalam kondisi bersih dan mengalir sangatlah harus diperhatikan. Selain itu juga karakter aquarium atau kolam yang berbatu sangat disukai oleh ikan arwana.

Supaya air tetap jernih maka kita perlu menggunakan filter agar kotoran arwana bisa tersaring dan mudah untuk dibersihkan. Selanjutnya kadar Ph dalam air kolam maupun aquarium harus dijaga diantara 6 atau 7, jangan lebih atau kurang. Sementara temperatur air, usahakan berada diposisi 26 derajat sampai 30 derajat celcius. Jangan lupa untuk selalu menerangi selalu akuarium atau kolam dengan cahaya lampu atau langsung dibawah sinar matahari. 

Untuk metode budidaya ikan arwana dengan akuarium, kita harus mempunyai peralatan tambahan seperti alat pengatur suhu, oksigen pemancar gelembung dan selalu jaga sirkulasi air. Jika menggunakan media kolam, maka kita harus benar-benar mempunyai kolam yang besar. Karena kolam yang besar bisa menampung beberapa induk arwana. Biasanya, kolam untuk pengembangbiakan arwana butuh yang cukup luas, bisa 20m x 5m atau bisa lebih. Walaupun budidaya lewat kolam, kita bisa memilih induk dari akuarium. Setelah induk siap, lalu ikan arwana dipindahkan kedalam kolam.

Red tail Arwana


PEMILIHAN BIBIT

Jenis ikan arwana sangatlah banyak, Kita bisa memilih ikan arwana jenis super red untuk mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan harga ikan arwana super red bisa sampai 5 juta untuk yang dewasa, dan benihnya per ekor bisa berharga 1 juta. Karena berharga sangat mahal, ikan arwana super red ini justru banyak diminati. Tetapi jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup besar, Anda bisa memilih ikan arwana silver dimana harga bibitnya tidak terlalu mahal.

Untuk induk ikan arwana yang siap untuk dikembangbiakkan adalah ikan arwana yang berumur 4 tahun atau lebih. Usahakan kita memisahkan ikan arwana indukan ini dengan ikan arwana lain.  Karena kita harus memberinya makanan yang khusus, yaitu udang. Walaupun ikan arwana remaja juga memerlukan udang, tetapi ikan arwana dewasa tentu lebih lambat daripada ikan arwana remaja, sehingga mudah untuk menangkap udang. 


PENENTUAN JANTAN & BETINA

Untuk membedakan mana ikan arwana betina dan mana yang jantan, Anda bisa melihat tubuh dan kepala ikan arwana yang lebih kecil dimana menunjukkan ikan tersebut adalah ikan arwana betina. Ciri lain ikan betina arwana mempunyai bentuk kepala уаng meruncing, berukuran kecil, dan wujudnya pipih, berinsang kecil. Sebaliknya kepala ikan arwana jantan lebih condaong berbentuk membulat, ukurannya besar dan kekar, berinsang lebar, serta memiliki rahang уаng dalam dan luas. Bentuk tubuh arwana betina berbentuk membulat уаng dilengkapi sirip punggung уаng cukup lebar. Warna badan ikan arwana jantan јugа lebih cerah dibandingkan dеngаn si betina.

Cara lain menentukan jantan dan betina yaitu dengan melihat organ reproduksinya mеlаluі teknik stripping, уаіtu dеngаn pengurutan secara perlahan-lahan pada ikan уаng berukuran minimal 30 cm dan sedang matang gamet. Sеtеlаh diurut, ikan jantan аkаn mengeluarkan sel sperma уаng berwarna keputih-putihan dan ikan betina melepaskan sel ovum уаng berwarna kekuning-kuningan. Kendati metode іnі memberikan hasil уаng lebih pasti, nаmun karena ѕаngаt riskan harus dilakukan оlеh para profesional. 

Dengan melihat tingkah lakunya ikan arwana jantan dеngаn betina јugа bіѕа dibedakan dеngаn mengamati tingkah lakunya. Pada umumnya, arowana jantan memiliki gerakan уаng indah gemulai lantaran tubuhnya berukuran lebih panjang dan lebih langsing. Dі sisi lain, ikan betina уаng mempunyai tubuh уаng lebih gemuk dan pendek mengakibatkan gerakan badannya tеrlіhаt agak kaku.


Perhatikan bentuk ukiran di kulit insangnya yang nyaris membentuk huruf “A” seperti inisial Arwana itu. Jika lekukannya lebar, maka bisa dipastikan itu betina. Jika lekukannya sempit, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah arwana jantan.

Sebelum mengkarantinakan jantan dan betina, terlebih dahulu kita harus benar-benar tahu mana ikan arwana yang sudah menemukan pasangan. Untuk mempasangkan ikan arwana betina dan jantan, biasanya tidak sulit. Ikan arwana akan cepat menemukan pasangannya ketika didalam akuarium atau kolam terdapat ikan arwana yang berlawanan jenis.

Biasanya ikan arwana sudah menemukan pasangannya ketika sering berenang berdampingan. Kedua pasangan ikan arwana ini akan berenang memutar, dengan kepala dan buntut saling menempel. Ketika melihat indikasi arwana seperti itu, maka harus segera dipindahkan kedalam kolam atau akuarium tersendiri.


PENGEMBANGBIAKAN

Kolam pengembangbiakkan biasanya terdapat batu-batu, untuk akuarium Anda bisa merubahya sedemikian rupa. Ikan arwana tidak perlu mendapatkan bantuan untuk bertelur. Ketika ikan arwana betina mengeluarkan telur, maka ikan arwana jantan seakan akan memakan telur tersebut. Padahal, telur ikan arwana tersebut akan dibuahi oleh ikan arwana jantan sampai keluar menjadi larva. Dan Larva yang sudah dikeluarkan oleh ikan arwana jantan biasanya yang sudah berumur 8 minggu.


PEMBESARAN BENIH

Untuk pembesaran benih, knda harus menunggu benih sampai berukuran 12 cm. Untuk benih yang masih kecil berukuran 1 cm, Anda bisa memberinya cacing pita. Usahakan, ketika ikan arwana sudah berukuran 12cm, Anda harus langsung memindahkan anak-anak tersebut. Karena ikan arwana tersebut adalah pemakan segala, dan juga tidak peduli meskipun itu anaknya sendiri.

Setelah memisahkan ikan arwana yang masih kecil, saatnya kita mengembangbiakkan sampai berukuran 25 sampai 40 cm. Karena ikan arwana berukuran seperti itu yang paling dicari di dunia. Dan biasanya ikan arwana remaja berkarakter agresif yang sangat disukai pencinta arwana. Untuk menghasilkan warna ikan arwana yang lebih alami, kita bisa menjemurnya di saat pagi hari. Karena sinar matahari pagi bisa membentuk warna alami arwana.


PENJUALAN

Ikan arwana yang paling dicari adalah ikan arwana yang eksotis dan mempunyai warna yang indah. Usahakan kita benar-benar menjaga warna dan kondisi ikan arwana. Kita bisa mencari penyalur besar ikan arwana atau usaha ikan hias yang ada di kota-kota besar. Ketika kita sudah bekerja sama dengan penyalur, maka tentunya tidak perlu repot-repot untuk menjual kesana-kemari.

Demikianlah cara budidaya ikan arwana yang bisa penulis sampaikan, apabila ada kekurangan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bisa membantu kita dalam berbisnis ikan arwana ini.

Sumber:

No comments:

Post a Comment