“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, May 14, 2020

Cara Protect Cell dan Work Sheet pada Excel File


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuhu,
Jumpa lagi para sobat blogger, maaf sudah lama saya tidak posting artikel, dikarenakan adaptasi di tempat kerja yang baru. Kali ini saya akan berbagi tips cara proteksi cell dan work sheet pada file Excel.

Dalam berbagi tips ini, saya menggunakan Microsoft Office Professional Plus 2016, akan tetapi bagi sobat blogger yang menggunakan versi lain, pada dasarnya metodenya sama, hanya penempatan icon nya saja yang sedikit berbeda tempat.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan:

1. Tentukan cell yang tidak ingin kita protect, maksudnya yang bisa kita edit atau ketik. Letakkan kursos pada cell yang kita inginkan tersebut.









2. Klik kanan pada cell tersebut, lalu pilih sub menu "Format Cell", setelah tebuka pilih sub menu "Protection" kemudian lepas tanda contreng "Locked" agar cell tersebut bisa di edit atau di ketik, setelah itu klik "OK".


3. Lakukan proteksi dengan memilih Main menu "Review", lalu pilih sub menu "Protect Sheet".










4. Selanjutnya saat sub menu "Protect Sheet" terbuka, lalu contreng sub menu"Select locked cells" dan "Select unlocked cells" untuk menentukan cell yang tidak kita pilih tidak bisa di edit dan cell yang kita pilih bisa di edit/ketik. Kemudian scroll kebawah kursornya dilanjut mencontreng sub menu "Edit objects" dan "Edit scenarios" untuk bisa meng edit object dan scenatrio didalam cell yang kita sudah pilih sebelumnya.














5. Untuk memproteksi maka kita diwajibkan mengisi password yang sama sebanyak 2 kali guna konfirmasi password pertama. Diusahakan password yang mudah di hafal, karena apabila lupa maka sangat disayangkan file yang sudah kita buat capek-capek ternyata ga bias terbuka. Kalau sobat takut lupa sebaiknya di catat di buku khusus. Setelah mengisi password


6. Setelah memproteksi cell, selanjutnya kita proteksi worksheet atau workbook agar worksheet yang sudah kita buat tidak bisa di copy paste ke worksheet baru. Caranya pilih menu utama "Review", pilih sub menu "Protect Workbook", lalu isi password yang sama sebanyak 2 kali guna konfiormasi password pertama. Antara password cell dan workbook boleh berbeda, akan tetapi guna menghindari terlupa, maka menggunakan password yang sama pun bisa kita lakukan.















Setelah selesai semua maka kita bisa lihat hasil tampilannya apabila kita mencoba mengedit pada cell selain yang sudah kita unlock maka akan tampil tulisan seperti ini:





Untuk melihat tampilan apabila kita mencoba mengedir atau copy paste workbook maka akan tampil seperti ini:










Demikianlah cara memproteksi cell dan work book yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat buat sobat blogger semua.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhu.

DK


No comments:

Post a Comment