“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, June 16, 2017

Kedai Kopi Sederhana Yang Menjadi Raksasa Dunia (Starbucks)

Figure 1 Kedai kopi Stabuck yang merajai dunia
Siapa yang tidak mengenal Starbucks? Dengan kurang lebih 17,000 gerai di seluruh dunia, Starbucks benar-benar telah menjadi raksasa waralaba kopi dunia. Sedikit yang menyangka semua hanya berawal dari sebuah kedai kopi kecil di Pike Place Market, Seatlle, Amerika. Dalam kurun waktu kurang lebih 40 tahun, kedai kopi kecil yang didirikan oleh dua orang guru dan seorang penulis itu kini telah mendunia.

Figure 2 Kedai Pertama Starbucks di Seatle Amerika

SEJARAH STARBUCKS

Starbucks didirikan pada 1971 oleh tiga orang rekanan. Jerry Baldwin (guru Bahasa Inggris), Zev Siegl (guru sejarah), dan Gordon Bowker (penulis). Mereka membuka toko kopi pertama di Pike Place Market, Seatlle, Amerika. yang pada awalnya hanya menjual biji kopi dan kopi giling. 1 dekade kemudian, yaitu pada tahun 1982, Howard Schultz bergabung dan memegang peran sebagai Direktur Operasional Ritel dan Pemasaran.

Sekitar tahun 1983, Howard melakukan perjalanan bisnis ke Italia, negara tempat kelahiran espresso. Howard terpesona dengan popularitas bar-bar yang menjual espresso di kota Milan dan Verona. Ia terkesan pada keadaan di mana menikmati secangkir kopi dapat membuat orang saling berhubungan dan kemudian menciptakan komunitas. Dari sinilah ia melihat adanya peluang pasar untuk mengembangkan trend kedai kopi serupa di negaranya.

Howard menyampaikan ide untuk membuka kedai kopi kepada rekan-rekannya. Sayangnya, partnernya tidak mempercayai visinya. Dengan perasaan kecewa, Howard pun keluar dari Starbucks. Ia kemudian mendirikan perusahaan kopi sendiri yang bernama Il Giornale dan membuka dua kedai espresso di Seattle dan Vancouver, Kanada.

Pada tahun 1987, Howard membeli enam toko dan pabrik pengolahan kopi milik perusahaan Starbucks. Dengan menggabungkan Starbucks dengan Il Giornale, Howard memilih untuk tetap mempertahankan nama Starbucks Coffee Company. Di akhir tahun tersebut, Starbucks memiliki 11 gerai dengan 100 karyawan.

Langkah besar diambil Starbucks pada tahun 1991. Di tahun ini, Starbucks mulai memasuki kedai di bandara. Gerai pertama Starbucks didirikan di bandara Seatle, Sea-Tac International Airport. Saat itu Starbucks telah mempunyai 116 gerai di seluruh Amerika. Dan seiring meningkatnya permintaan publik, Starbucks lalu mencoba peruntungan dengan menjual sahamnya ke pasar bursa. SBUX menjadi simbol dagang mereka. Pertumbuhan pun meningkat pesat menjadi 165 gerai.

Improvisasi menu mulai dilakukan di tahun 1995. Mereka menambahkan minuman perpaduan kopi, serta memperkenalkan es krim yang mereka buat sendiri. Selang setahun, Starbucks mulai memperluas jaringannya melewati Amerika Utara. Mereka menyeberang ke benua Asia. Negara yang menjadi tujuan pertamanya adalah Jepang dan Singapura.

Tahun 1996 Starbucks mengakuisisi perusahaan teh bernama Tazo yang berbasis di Oregon. Hal ini menjadi penanda awal perluasan merek dagang Starbucks memasuki jaringan kedai-kedai kelontong di seluruh Amerika. Perluasan merek dagang tersebut ‘dikawal’ oleh kesepakatan lisensi yang dilakukan bersama Kraft Foods. Di tahun ini pula, mereka meluncurkan website starbucks.com. Secara bersamaan mereka juga membuka gerai-gerai baru di beberapa negara. Beberapa di antaranya adalah New Zealand, Inggris, Malaysia, Taiwan, dan juga Thailand.

Menginjak era millenium, Starbucks telah mempunyai hampir 2500 gerai. Di tahun ini pula tokoh penting sejak era berdirinya Starbucks, Howard Schultz diangkat menjadi Chief Global Strategist. Di posisi tersebut, ia menjadi orang di balik strategi pemasaran Starbucks di seluruh dunia. Di awal millenium ini pula Starbucks memperkenalkan beberapa kategori dari menu kopinya yang sudah melewati seleksi organik.

Di tahun yang sama, Starbucks mulai mengenalkan katergori-kategori menu kopinya yang sudah melewati proses Fair Trade dan seleksi organik. Jaringan ini juga membuka cabang baru di Australia, Bahrain, Hong Kong, Qatar, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Jumlah gerai: 3.501.

2002 Starbucks memasuki ruang lingkup yang lebih luas dengan membuat perjanjian lisensi bersama organisasi Fair Trade nasional. Perjanjian ini menyepakati bahwa Starbucks hanya akan menjual kopi-kopi bersertifikat Fair Trade di negara-negara Starbucks menjalankan bisnisnya. Sebuah perusahaan lain milik Starbucks bernama Starbucks Coffee Trading Company didirikan di Lausanne, Swiss. Cabang pertama Starbucks di Indonesia juga dibuka pada  tahun ini. Jumlah gerai: 5.886.

2004 Merilis CD album musisi blues Ray Charles berjudul Genius Loves Company dengan kolaborasi bersama Concord Records dan Starbucks Hear Music. (Album rekaman label musik milik Starbucks ini kemudian menjadi album terakhir Charles sebelum ia meninggal). Di tahun ini Starbucks mengenalkan program studi “Starbucks Coffee Master Program” dan membuka cabang-cabang gerai baru di Perancis. Jumlah gerai: 8.569.

2005 Orin Smith pensiun sebagai presiden dan CEO. Jim Donald lalu dipromosikan menggantikan posisinya. Starbucks membuka cabang di Bahama, Irlandia dan Jordania. Jumlah gerai: 10.241.

2008 Howard Schultz mengambil kembali posisi CEO. Ia sekaligus mengumumkan fokus baru kerjaan Starbucks yaitu mengutamakan pelayanan kepada pelanggan untuk memberi mereka pengalaman tak terlupakan dan menciptakan inovasi baru. Kedai ini memperluas jaringannya dan membuka cabang di Argentina, Bulgaria, Republik Ceko dan Portugal. Jumlah gerai: 16.680.

2009 Starbucks membantu misi kemanusiaan di Afrika melalui kemitraannya dengan (RED), brand industri ritel yang didirikan oleh Bono, vokalis U2. Setiap jutaan pembelian produk-produk RED setiap hari sama dengan mengontribusikan lebih dari 7 m dosis obat antiretroviral setiap harinya. Di tahun yang sama pula Starbucks dinobatkan (melalui voting) sebagai brand yang paling berpengaruh di sosial media.

2011 Starbucks telah memiliki 17.009 gerai di seluruh dunia.

2013 Starbucks membuka cabang pertamanya di Ho Chi Minh City, Vietnam sekaligus toko perdana di Kolombia.

2014 di bulan September, Starbucks mengumumkan akan membeli 60.5% saham Starbuck Coffee Japan yang tidak benar-benar mereka miliki dengan biaya 913 juta US Dollars. Per Desember 2014, jumlah kedai Starbucks di Indonesia sudah mencapai 200 gerai.

Satu hal yang barangkali patut digarisbawahi dari perjalanan jaringan kedai kopi ini adalah mereka tetap tak tergoyahkan meski tren kopi terus berganti. Apa yang membuat Starbucks bertahan? Bisa jadi karena mereka mau beradaptasi dan mengalir bersama jaman.

Sejarah Starbucks menjadi salah satu pelajaran penting di dunia industri kopi. Tak heran, Starbucks menjadi role model bagi banyak pendiri kedai kopi di dunia.


LOGO STARBUCKS

Starbucks Coffee telah melakukan empat kali penggantian logo, yaitu pada tahun 1971, 1987, 1982 dan awal tahun 2011. Logo Starbucks itu sendiri menggambarkan Dewi Syren yaitu Dewi Penggoda. Dalam mitologi Yunani, Syren adalah ikan duyung berekor kembar yang suka menngoda para pelaut. Hal ini mempunyai makna bahwa nantinya Starbucks Coffee dapat  menarik perhatian konsumen.

Figure 4 Sejarah Pergantian Logo Starbucks
Logo ini sendiri dipilih karena nama Starbucks berasal dari cerita Kapten Ahab yang berpetualang di lautan lepas, sehingga pemilihan Syren ini dirasa tepat dan ada keterkaitannya. Logo Starbucks yang memperlihatkan sebuah brand hijau dengan dua bintang dan memperlihatkan duyung Syren yang memakai tiara atau mahkota. Hal ini agak kontroversial namun menarik dan mudah diingat untuk dikenal di seluruh dunia.

Pada tanggal 8 Maret 2011, Starbucks merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Perayaan ulang tahun Starbucks ini diikuti dengan peluncuran logo Starbucks yang baru. Lingkaran luar pada logo lama yang bertuliskankan “Starbucks Coffee” di dihilangkan. Logo terbaru Starbucks Coffee saat ini hanyalah gambar duyung Syren yang diperbesar dengan dominasi warna hijau dan menjadi tokoh sentral logo baru tersebut. Eksekutif Starbucks mengatakan, logo yang didesain oleh tim internal itu akan muncul pertama kali pada produk-produk kertas pembungkus seperti gelas dan lap pada bulan Maret, dan secara bertahap untuk seluruh produk di kemudian hari.

Kata “Coffee” pada logo sebelumnya adalah masalah utama, hal ini dikarenakan Starbucks Coffee ingin memperluas pasar, tidak hanya menjual kopi berkualitas tinggi. Starbuks akan menambah variasi produk F&B sehingga menjangkau market lifestyle seperti menjual jenis minuman lainnya yang tidak mengandung kopi dan juga makanan kecil pendamping. Inovasi ini untuk memperkuat posisi mereka di industri kopi sekaligus ingin menonjolkan visi mereka terhadap produk yang berkualitas walaupun tanpa nama tercantum di logonya dan dengan logo terbaru starbuks ini akan memberikan kesan yang sama terhadap brand-brand besar yang ada di Amerika. Seperti nike dengan simbolnya “ceklis”, apel “kroak” dari Apple Inc. Karena akan di perkirakan gambar siren ini akan memorable dengan logo-logo terkenal itu. dan dapat di asumsikan bahwa konsumen sudah sangat familiar dengan identitas asli starbuks tanpa perlu membaca merknya. Mengingat starbuks sudah menginjak usia 40 tahun. Dengan perubahan logo starbuks ingin membuktikan Kesuksesan starbucks bukan menempel pada logonya tapi pada kualitas yang menempel pada produknya sesuai dengan logo barunya yang lebih menonjolkan filosofi tersebut.


LOKASI STARBUCK DI DUNIA

Figure 5 Peta lokasi gerai starbucks di dunia

GRAFIK PERTUMBUHAN GERAI STARBUCKS DI DUNIA
Figure 6 Grafik Pertumbuhan gerai starbucks di dunia

DAFTAR MENU STARBUCKS
Dan berikut adalah daftar menu dan harga Starbucks Coffee (Frappuccino) terbaru :

Blended Coffee:
Caramel 38 43 46
Espresso 38 43 46
Asian Dolce 38 43 46
Caramel Coffee Jelly 44 49 52
Dark Mocha 40 44 48
Java Chip 40 44 48
Mocha 38 43 46
Vanilla 38 43 46

Blended Cream:
Green Tea Cream 41 47 53
Chocolate Chip Cream 40 44 48
Caramel 38 43 46
Vanilla / Hazelnut 38 43 46

Blended Juice Cream:
Raspberry Black Currant Juice 33 38 41
Mango Passion Fruit Juice Drink 33 38 41

Tea:
Full-Leaf Brewed Tea 18 20 22
Green Tea Latte 37 43 48
Chai Tea Latte 36 40 45
Vanilla Black Tea Latte 36 40 45
Iced Shaken Lemon Tea 29 31 33

Chocolate:
Signature Chocolate 37 41 46
Caramel Signature Chocolate 42 46 51
Hazelnut Signature Chocolate 42 46 51

Espresso & Coffee:
Caffe Latte 30 34 38
Cappuccino 30 34 38
Caffe Mocha 36 41 46
Ristretto Bianco 35 39 43
Asian Doles Latte 36 41 46
Caramel Macchlato 40 45 51
White Chocolate Mocha 36 41 46
Iced Caramel Coffee Jelly Latte 41 45 49
Double Shots Iced Shaken Espresso (hanya ada satu yaitu ukuran Full) 38.5
Caffe Americano 22 25 29
Brewed Coffee 18 20 22
Caffe Misto 21 25 28

Tea:
Full-Leaf Brewed Tea 18 20 22
Green Tea Latte 37 43 48
Iced Shaken Lemon Passion Tea 29 31 33
Iced Shaken Lemon Zen Tea 29 31 33

Keterangan:
Angka pertama adalah ukuran Tall
Angka kedua adalah ukuran Grande
Angka ketiga adalah ukuran Venti
Angka adalah harga dalam satuan Rupiah .000,-

Semoga bermanfaat,
DK

Sumber:
http://kopidewa.com/cerita-kopi/sejarah-kedai-kopi/sejarah-starbucks/
https://majalah.ottencoffee.co.id/mengintip-sejarah-singkat-starbucks/
http://bursadesain.com/sejarah-dan-makna-logo-starbucks/
https://starbuckssecretmenu.net/

No comments:

Post a Comment