“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, June 3, 2020

Mengenal Ikan Channa


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhu,

Sobat blogger yang setia, kali ini penulis berbagi ilmu tentang ikan Channa. Ikan ini termasuk kedalam kategori ikan predator atau ikan pemangsa apapun yang bernyawa. Ikan channa biasa kita sebut dengan ikan gabus, yang dalam bahasa Inggris-nya snakehead (kepala ular).

Dalam postingan ini ikan channa yang akan penulis kupas yaitu ikan gabus yang bercorak indah dan cantik karena tubuhnya yang unik dan eksotik. Harga jual ikan channa ini setara dengan harga ikan arwana golden red bahkan setara harga arwana super red dipasaran dan bisa menjadi bisnis rumah tangga yang lumayan menjanjikan bagi yang berminat dan tekun.


Berikut beberapa macam ikan Channa dari berbagai belahan dunia:

1. Channa Amphibeus

Channa amphibeus mempunyai ciri ciri terdapat strip strip merah di tubuhnya mirip seperti channa andrao. Channa amphibeus tersebar di perairan india dan ditemukan pada tahun 1845. Channa amphibeus dapat tumbuh hingga panjang 90 centimeter.


2. Channa Andrao

Channa Andrao lebih cendering berwarna biru gelap dan memeliki garis putih di siripnya. Channa Andrao tersebar di perairan asia. Channa Andrao termasuk ikan gabus hias terkecil karena hanya dapat tumbuh sampai 11 centimeter saja.


3. Channa Argus

Channa argus ini dapat tumbuh dengan cepat dan ukurannya bisa mencapai 1 meter. 


4. Channa Asiatica

Channa Asiatica dapat tumbuh hingga 35 centimeter. Ada beberapa jenis corak pada channa asiatica ada yg red spot, white spot dan mungkin masih ada jenis lainnya. 


5. Channa Aurantimaculata

Channa aurantimaculata merupakan salah satu channa favorit saya karena mudah di dapat dan harganya tidak terlalu mahal. Perpaduan Warnanya pun sangatlah bagus kombinasi kuning, biru dan hitam.


6. Channa Aurantipectoralis

Masih jarang sekali info tentang jenis channa aurantipectoralis ini. Dari penampilannya dan warna nya mudah sekali untuk membedakan mana channa aurantimaculata dan juga mana channa aurantipectoralis.


7. Channa Bankanensis

Channa bankanensis merupakan channa dengan pertumbuhan paling lambat dibandingkan dengan channa jenis lainnya. Ukuran maksimal snakehead ini ialah 24 centimeter saja. Channa bankanensis tersebar di peraiaran Indonesia dan Malaysia.


8. Channa Baramensis

Dengan panjang maksimal hanya 22 centimeter channa baramensis termasuk jenis snakehead yang relatif kecil. Habitat channa baramensis berada di perairan sungai kalimantan.


9. Channa Barca

Channa barca merupakan jenis ikan gabus atau channa termahal yang beredar di pasar indonesia. Channar barca harganya berkisar belasan juta buat kalian yang tertarik meminang channa barca siapkanlah budget tersebut. Channa barca dapat tumbuh makslimal hingga 90 centimeter.


10. Channa Bleheri

Channa bleheri merupakan salah satu snakehead yang cocok dipelihara di aquarium karena ikan ini cenderung damai bahkan bisa digabung dengan ikaln lainnya serta mempunyai warna yang bagus dan hanya dapat tumbuh hingga 23 cenitemer.


11. Channa Gachua

Dwarf snakehead atau channa gachua sesuai namanya ikan ini merupakan jenis channa yang berukuran kecil hanya dapat tumbuh hingga 25 centimeter. Channa gachua salah satu channa yang cocok dipelihara di aquarium.


12. Channa Marulioides

Channa marulioides atau emperor snakehead dapat tumbuh hingga 56 cm bahkan lebih di alamnya. Channa maru yang satu ini banyak macamnya jenisnya termasuk yang terkenal ialah red eye maru atau red spotted marulioides.


13. Channa Melanoptera

Channa melanoptera ini berasal dari Indonesia tepatnya di perairan sungai sumatra dan kalimantan. Channa melanoptera dapat tumbuh hingga 65 cm.


14. Channa Panaw

Channa panaw alias Panaw Snakehead merupakan jenis ikan gabus yang relatif berukuran kecil karena ukuran maksimalnya ialah 14 centimeter saja. Panaw Snakehead ini berasal dari Myanmar dan ikan ini sangat jarang ditemukan di pasar indonesia.


15. Channa Pulchra

Channa pulchra alias peacock snakehead merupakan salah satu ikan gabus hias yang berukuran kecil.  Maksimal panjang dari ikan gabus ini ialah 30 cm. Channa pulchra ini cocok sekali dipelihara di aquarium kecil. Walaupun di gambar terdapat 3 channa dalam 1 aquarium sebaiknya channa jenis ini jangan di gabung dengan ikan lain.


16. Channa Shingon

Channa shingon merupakan spesies baru yang berasal dari China. Masih jarang juga informasi terkait channa ini. Semoga foto dari @cheilinus ini dapat membatu.


17. Channa Stewartii

Channa stewartii atau golden snakehead ini hampir mirip dengan channa barca karena dot di badannya hampir sama hanya saja tidak sebanyak dot barca, oleh sebab itu sering disebut barca KW. Channa stewartii ini merupakan channa yang paling direkomendasikan jika ingin memlihara channa banyak di dalam 1 aquarium. Channa stewartii dapat tumbuh maksimal hingga 25-30 cm. 

Channa stewarti ada 4 jenis: Karbianglong, Arunachal, Kalikhola dan Black Galaxy (Himalaya). Berikut perbedaannya: 
Karbianglong (dot tidak beratur)

Kalikhola (dot bersekat-sekat)

Arunachal (dot bersekat-sekat)

Himalaya (dot sejajar garis lurus)

Warna badan Arunachal dan Kalikhola berwarna abu-abu lebih gelap dibanding warna badan Karbialong berwarna abu-abu terang, sementara warna badan Himalaya putih kehitaman.

Warna sirip Karbianglong, Kalikhola dan Arunachal cenderung warna biru kekuningan, sementara black galaxy berwarna putih kehitaman

Warna rim (atas sirip punggung) Karbianglong, Kalikhola dan Arunachal putih berbaur oranye, sementara Himalaya berwarna putih.

Dot pada badan Arunachal dan Kalikhola mempunyai pola yang hampir sama yaitu berupa bintik hitam yang tersusun seperti garis miring bersekat-sekat (berjarak) terlihat jarang. Untuk dot pada Karbianglong  dotnya berbentuk persegitiga atau kotak segiempat hitam tersusun tidak beraturan. Sementara Himalaya dotnya berbentuk bulat hitam tersusun rata sejajar panjang badannya membentuk garis lurus memanjang dari sirip hingga ekor.

Harga Stewarti Arunachal lebih mahal dari Stewarti Karbialong. Harga stewartii black galaxy lebih mahal dibandingkan karbi dan arunachal. Secara visual Arunachal dan Kalikhola mempunyai ciri fisik yang sama, yang terlihat perbedaan adalah karbianglong dan Himalaya.

Semoga dari beberapa macam ikan channa diatas, ada yang sobat bloggers suka, dan bisa dijadikan budidaya sampingan yang menjanjikan.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhu.
DK

No comments:

Post a Comment