“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, June 4, 2020

Mengenal Ikan Channa Pulchra


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuhu,

Kali ini penulis ingin berbagi ilmu tentang Ikan Channa Pulchra. Channa pulchra adalah ikan keluarga gabus (channa) yang berasal dari myanmar daerah subtropis dengan suhu yang sangat dingin karena aliran air dari gunung Himalaya mengalir ke habitatnya.  Ikan ini hidup di aliran sungai jernih berkadar oksigen tinggi dan berarus agak deras. 

Untuk itu kita coba pelajari dari beberapa kharakteristik dari ikan channa pulchra tersebut supaya bisa kita terapkan apabila sobat berminat untuk membudidayakannya.


Bentuk Fisik

Secara fisik, bentuk channa pulchra sama persis dengan ikan channa lainnya, akan tetapi  ukuran tubuhnya bisa dikategorikan kedalam gabus kerdil (dwarf) dengan panjang maksimal mencapai 30cm dan kepala seperti ular karena masaih tergolong kedalam keluarga sneakhead fish. Yang membedakannya hanya corak warna di tubuhnya, hal tersebut sangat jauh berbeda dengan ikan channa lainnya.
Corak tubuh yang eksotik dan menawan

Corak warna yang dimiliki ikan channa pulchra sangat unik dan menarik. Tubuhnya berwarna abu-abu kebiruan dengan bintik-bintik berwarna oranye. Tidak hanya sampai di situ saja, pada siripnya bawahnya terdapat warna biru solid dengan strip hitam di tepinya. Hal itulah yang selanjutnya membuat ikan ini begitu digemari oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.


Karakter Diri

Ikan channa pulchra hidup di daerah sungai tenang dengan bebatuan alami dan beberapa tumbuhan air disekitarnya. Sesuai dengan habitat aslinya, perawatan channa pulchra juga dapat dikondisikan dengan menambahkan daun-daun mati sebagai salah satu cara agar ikan merasa nyaman. Daun yang direkomendasikan oleh saya serta banyak hobiis adalah daun ketapang kering. Penggunaanya dengan cara merendam daun tersebut hingga diperoleh warna air yang kecoklatan. Khasiat daun ketapang ini sangat banyak, salah satunya adalah mampu untuk menaikkan imunitas dari ikan itu sendiri sehingga ikan tidak mudah terserang penyakit. 


Kondisi Aquarium

Channa pulchra termasuk ke dalam kelompok dwarf snakehead (gabus kerdil) yang memiliki cara berburu dengan menunggu dan menyergap mangsanya. Jadi kita perlu menyiapkan tempat bersembunyi di dalam aquarium kita yang bisa berupa pipa, kendi, pasir malang, ranting pohon, atau tanaman air lainnya. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa channa pulchra termasuk ikan yang pro-aktif, jadi apabila terlalu banyak ornamen di dalam aquarium kita, akan berakibat ikan terluka oleh benturan dengan ornamen tersebut, khususnya apabila ikan tersebut merasa kaget.

Dikarenakan pada habitatnya ikan ini hidup di air yang agar deras, maka sobat blogger bisa menggunakan pompa sebagai filter pada aquariumnya agar air selalu mengalir. Perlu diketahui juga bahwa ikan ini termasuk ikan yang apabila makan selalu ada sisa yang tidak habis dimakan atau tercecer, oleh sebab itu ada baiknya apabila kita menggunakan pompa filter.

Channa pulchra bisa hidup di air dengan kondisi temperatur 18-28 derajat Celcius, karena pada habitatnya pun ikan ini hidup di aliran air yang dingin. Akan tetapi pada kondisi khusus apabila ikan terkena jamur white spot (WS) maka sobat blogger bisa memasang heater pada aquarium guna menjaga suhu didalamnya menjadi stabil di angka 30-32 derajat Celcius, setelah WS hilang bisa dikembalikan ke kondisi suhu air normal.


Pakan Alami

Pada habitat aslinya, tidak banyak makanan yang bisa didapatkan oleh ikan Channa Pulchra. Karena itulah Channa Pulchra menjadi salah satu ikan yang berangasan, itu artinya ia bakal memakan apapun yang masih layak dan mungkin dimakan, mulai dari udang sungai, cacing darah, kecoak, ikan mas, ikan lele, ikan nila, ikan mujaer, ulat jerman, jangkrik, dan lainnya. 

Perlu dicatat bahwa semakin variatif makananya, maka semakin bagus pula gizi yang didapatkannya. Dan yang terpenting saat kita memberi makan usahakan ukuran pakan sesuai dengan mulutnya, karena apabila terlalu besar maka sudah pasti tidak akan ditoleh sedikitpun walaupun makanan tersebut lezat.


Tidak Perlu Tankmate

Channa pulchra merupakan ikan yang bersifat teritorial, selalu menjaga daerah kekuasaannya dan bertemperamen tinggi serta agresif, artinya tidak boleh ada ikan lain disekitarnya, kecuali pasangannya saat musim kawin. Dalam hal ini sobat blogger tidak perlu mencampurnya dengan tankmate ataupun dengan channa pulchra sejenis didalam 1 aquarium apabila sudah dewasa. Apabila sobat memberinya tankmate atau dicampur dengan channa pulchra lainnya, maka dalam waktu beberapa hari kita akan temui channa pulchra yang mulus dan yang penuh codetan di sekujur tubuhnya. Sudah pasti yang badannya masih mulus lah yang menjadi preman di dalam aquarium tersebut.

Mengenai tankmate sebenarnya bisa dicampur dengan ikan sapu-sapu atau ikan yang ukurannya lebih besar, akan tetapi hal tersebut terkadang membuat channa pulchra jadi stress dan mengurangi nafsu makannya.

Sekiranya itu saja yang bisa penulis sampaikan, semoga sobat bloggers bisa mengambil ilmunya dan bisa menjadikan usaha sampingan yang lumayan menggiurkan.

Wassalam,
DK


No comments:

Post a Comment