“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Sunday, December 17, 2017

Kevin/Marcus Menutup Tahun 2017 Dengan Tinta Emas


Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon berhasil merebut tujuh gelar juara di seri turnamen super series/premier musim ini. Hal tersebut membuat Kevin/Marcus masuk jajaran pebulutangkis terhebat di sejarah super series/premier. Sejak BWF memulai era super series pada 2007, sejumlah pebulutangkis hebat telah menorehkan namanya dalam sejarah.

Asisten pelatih ganda putra bulutangkis Indonesia, Aryono Miranat, bangga dengan prestasi yang diraih Kevin Sanjaya dan Marcus Giedon di tahun 2017. Terlebih Minions bisa mencetak rekor dunia. Ya, Kevin/Marcus mencetak rekor sebagai ganda putra pertama di dunia yang sukses meraih tujuh gelar super series dalam satu kalender.

Teranyar, Kevin/Marcus merebut gelar BWF Super Series Finals 2017 dengan mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan pada laga final di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (17/12). “Artinya dalam satu tahun bisa memenangkan super series baru kali ini, rekor baru di dunia untuk kami (tim ganda putra), PBSI, dan Indonesia.”

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun tak segan untuk mengguyur bonus senilai Rp150 juta bagi Kevin/Marcus. Sementara PBSI sendiri belum bisa memastikan apakah akan memberikan bonus tambahan nantinya.

Torehan Kevin/Marcus meraih tujuh gelar juara sepanjang 2017 alias dalam satu tahun kalender merupakan salah satu torehan terbaik. Pada tahun ini, Kevin/Marcus jadi pemenang di All England, India, Malaysia, Jepang, China, Hong Kong, dan Super Series Finals.

Catatan tujuh gelar dalam semusim milik Kevin/Marcus membuat mereka jadi yang terhebat dalam sepanjang sejarah ganda putra di era super series. Mereka melebihi catatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang meraih enam gelar di tahun 2015.

Torehan tujuh gelar dalam semusim milik Kevin/Marcus juga menyamai raihan gelar si raja super series Lee Chong Wei. Pebulutangkis terbaik Malaysia itu pernah dua kali meraih tujuh gelar dalam semusim, yaitu pada 2010 dan 2013.

Meski demikian, Lee Chong Wei dan Kevin/Marcus bukanlah yang terbaik dalam catatan jumlah gelar selama satu musim. Status pencapaian terbaik dalam semusim jadi milik ganda putri asal China, Wang Xiaoli/Yu Yang.

Mantan ganda putri nomor satu dunia itu mampu meraih delapan gelar super series pada tahun 2011. Setelah menang di Korea, All England, dan Indonesia, Wang Xiaoli/Yu Yang lalu menutup musim dengan lima gelar beruntun dari Denmark, Perancis, Hong Kong, China, dan Super Series Finals.

Kevin/Marcus sendiri hanya tampil di 11 super series/premier musim ini. Mereka terpaksa absen di Australia dan Perancis karena cedera. Dari 11 kali penampilan di super series, Kevin/Marcus sembilan kali masuk final. Dua turnamen ketika Kevin/Marcus jadi runner up adalah Korea dan Denmark.

Catatan terburuk Kevin/Marcus di tahun ini justru terjadi saat mereka kalah di babak pertama Indonesia Super Series Premier.

Daftar Pebulutangkis dengan gelar super series/premier terbanyak setiap tahun:

2007 Zheng Bo/Gao Ling (6 gelar)
2008 Markis Kido/Hendra Setiawan dan Jung Jae-sung/Lee Yong Dae (4 gelar)
2009 Lee Chong Wei, Wang Yihan, dan Jung Jae-sung/Lee Yong Dae (5 gelar)
2010 Lee Chong Wei (7 gelar)
2011 Wang Xiaoli/Yu Yang (8 gelar)
2012 Lee Chong Wei, Li Xuerui, dan Xu Chen/Ma Jin (5 gelar)
2013 Lee Chong Wei (7 gelar)
2014 Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (5 gelar)
2015 Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (6 gelar) 
2016 Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo (4 gelar) 

Semoga bermanfaat,
DK

Sumber:

No comments:

Post a Comment