“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, December 21, 2018

Doa Belajar Sesuai Ajaran Rasulullah


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuhu,

Selama ini penulis sering kali melafadzkan doa ini apabila mau belajar, yang biasa dimulai dengan membaca surat Al Fatihah, lalu Robbi dzidni ilma wardzuqni fahma....., setelah itu roditubillahi robba.....dst. Mungkin saat itu ilmu yang penulis miliki belum sampai untuk mengetahui apakah dulu Rasulullah mengajarkan hal tersebut?


Setelah melalui beberapa masukkan dari sumber yang salafi akhirnya penulis mendapatkan doa  belajar yang di contohkan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.


1. Doa sebelum belajar.
Allah berfirman didalam Alqur'an:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Wahai Rabbku, tambahkanlah ilmu bagiku.” QS Thaha Ayat 114


2. Doa diberikan ilmu yang syar'i

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” HR. Ibnu As-Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah, no. 54, dan Ibnu Majah no. 925. Isnadnya hasan menurut Abdul Qadir dan Syu’aib Al-Arna’uth dalam tahqiq Zad Al-Ma’ad 2/375.


3. Doa sesudah belajar

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.” HR. Ashhaabus Sunan dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/153. 

Dari Aisyah Radhiallahu’anha, dia berkata: “Setiap Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam duduk di suatu tempat, setiap membaca Al-Qur’an dan setiap melakukan shalat, beliau mengakhirinya dengan beberapa kalimat.” Aisyah Radhiallahu’anha berkata: Aku berkata: “Wahai Rasululllah! Aku melihat engkau setiap duduk di suatu majelis, membaca Al-Qur’an atau melakukan shalat, engkau selalu mengakhiri dengan beberapa kalimat itu.” Beliau bersabda: “Ya, barangsiapa yang berkata baik akan distempel pada kebaikan itu (pahala bacaan kalimat tersebut), barangsiapa yang berkata jelek, maka kalimat tersebut merupakan penghapusnya. (Kalimat itu adalah: Subhaanaka wa bihamdika laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik).” HR. An-Nasa’i dalam kitab ‘Amalul Yaum wal Lailah, hal. 308. Imam Ahmad 6/77. Dr. Faruq Hamadah menyatakan, hadits tersebut shahih dalam Tahqiq ‘Amalul Yaum wal Lailah, karya An-Nasa’i hal. 273.

Doa sesudah belajar tersebut, bukan hanya didzikirkan saat kita selesai belajar pelajaran sekolah, akan tetapi disaat kita selesai membaca Al qur'an, selesai mengikuti pengajian pun kita ucapkan doa tersebut.


Semoga bermanfaat,
DK


No comments:

Post a Comment