“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, December 10, 2015

Android 6.0 Marshmallow Versi Terbaru di Tahun 2015


Sepertinya android versi Lollipop masih sangat baru,bahkan masih banyak yang belum merasakan kecanggihan sistem operasi buatan google yang versi Lollipop.Tapi tersiar kabar bahwa google sudah menyiapkan versi android terbaru setelah versi Lollipop yaitu android M (Marshmallow) android
6.0, 

Setelah lama menunggu Android untuk meresmikan nama generasi terbarunya, yang sebelumnya diprediksi dengan nama Android M, Milkshake, Muffin, Moon Pie, bahkan M&M akhirnya meresmikan dengan nama Android Marshmallow untuk 6.0 ini.

Google memang terbisa menggunakan nama hidangan penutup ataupun hidangan yang manis untuk julukan sistem operasi Android-nya, Android juga dikenal menggunakan abjad untuk menamakan sistem operasinya seperti Cupcake, Donut, Eclair, Honeycomb, Ice Cream Sandwich hingga Marshmallow.

Nama Android 6.0 ini terungkap saat Vice President of Engineering Android, Dave Burke mengunggah foto patung Android yang biasanya dibuat khas sesuai dengan tema yang sedang diusung memegang marshmallow didepan gedung Google.

Patung Android memegang Marsmallow

Dilansir dari laman Phone Arena.Sangat unik sekali perusahaan raksasa internet Google memberikan nama pada setiap versi androidnya,nama-nama pada versi android banyak di ambil dari nama-nama kue dan sesuatu yang manis. Untuk Marshmallow ini sendiri artinya Manisan berwarna putih dan empuk. Versi android juga di rillis sesuai abjad alfabet. mari kita simak urutan versi android mulai dari yang pertama :

Android 1.0 – Android Angel Cake (A)
Android 1.1 – Android Battenberg (B)
Android 1.5 – Android Cupcake (C)
Android 1.6 – Android Donut (D)
Android 2.0 – Android Eclair (E)
Android 2.2-2.2.3 – Android Froyo (F)
Android 2.3–2.3.7 – Android Gingerbread (G)
Android 3.0–3.2.6 – Android Honeycomb (H)
Android 4.0–4.0.4 – Android Ice Cream Sandwich (I)
Android 4.1–4.3 – Android Jelly Bean (J)
Android 4.4 – Android Kitkat (K)
Android 5.0 – Android Lollipop (L)
Android 6.0 – Android Marshmallow (M).
Marshmallow (manisan) berwarna-warni
Masing-masing versi di atas memiliki kelebihan dan kompatibilitas dengan hardware-hardware terbaru.Salah satu fitur Versi android M (Marshmallow) adalah Multi Window dan Quick reply.Fitur Multi Window memungkinkan pengguna android dapat mejalankan dua aplikasi side by side secara bersamaan.Fitur Quick reply memudahkan pengguna android langsung dapat menjawab notifikasi yang masuk dalam statusbar.

Android Marshmallow dibekali banyak fitur seperti kemampuan untuk menghemat daya baterai, yang disebut fitur Doze yang dimana jika pengguna tidak memakai sesuatu aplikasi jangka panjang Doze akan mematikan aplikasi itu untuk menghemat daya baterai.

Android 6.0 juga membawa fitur keamanan verifikasi aplikasi sehingga pengguna bisa memilih untuk menolak atau menerima permintaan akses keamanan dari aplikasi yang dipasang ke perangkatnya.

Marshmallow juga didukung penindai sidik jari, usb tipe c dan juga fitur Chrome dengan fitur bernama Custom Tabs. Fitur ini berguna agar pengembang aplikasi bisa menyematkan halaman web dalam aplikasi mereka.

Android Marshmallow versi Developer Preview sudah tersedia bagi pengguna perangkat Nexus, Nexus 5, 6, 8, dan Nexus Player. 

Semoga bermanfaat,
Ded Lee

No comments:

Post a Comment