“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, December 16, 2015

Cara Buat Blog Untuk Pemula

Blog adalah salah satu alternatif untuk memiliki halaman situs tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis, banyak sekali situs-situs penyedia layanan untuk membuat blog yang bisa anda gunakan, beberapa diantaranya adalah blogspot dan wordpress.
Jika harus memilih, maka dari kedua penyedia layanan tersebut yang paling recomended untuk pemula adalah blogspot (dikenal juga dengan blogger), alasannya adalah blog berflatform blogspot sangat user friendly, lebih mudah untuk dikelola dan lebih mudah untuk diredesign tampilannya, selain itu blog berflatform blogspot adalah satu-satunya blog milik google, tentu akan mendapatkan perhatian khusus dimata mesin pencari google, sehingga potensi halaman situs yang anda buat di blog berflatform blogspot akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari google.

Berikut 5 langkah praktis untuk membuat blog di blogspot khusus untuk pemula

Langkah #1
Silahkan masuk ke situs blogger.com
Di tahap ini anda harus memiliki email google terlebih dahulu untuk login, jika kebetulan belum punya email google, silahkan anda daftar email google terlebih dahulu.

Anda akan diminta untuk login, silahkan anda gunakan email google anda dan juga passwordnya,
cara membuat blog untuk pemula

Langkah #2
Setelah anda berhasil login anda akan dibawa ke halaman utama akun blogspot anda, silahkan tekan tombol "Blog Baru" untuk membuat blog pertama anda.
Cara membuat blogger

Langkah #3
Anda akan diminta untuk memasukan nama blog anda dan juga memilih tampilan blog anda
bagaimana cara membuat blog

Judul: Masukan judul blog anda
Sesuaikan dengan niche atau topik untuk blog tersebut, misal "Kupas tuntas masalah komputer".

Alamat : Masukan alamat blog anda.
Jika terdapat pesan notifikasi yang berbunyi "Maaf, alamat blog anda tidak tersedia" itu artinya alamat tersebut tidak bisa digunakan karena mungkin sudah dipakai oleh orang lain, anda harus mencarai alamat lainnya yang belum digunakan oleh orang lain, silahkan coba dan coba terus sampai mendapatkan pesan dalam bentuk icon ceklis.

Template: Silahkan anda pilih template dengan meng-klicknya, silahkan pilih ampilan yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika sudah, tekan tombol "Buat blog" untuk membuat blog anda.

Langkah #4
setelah anda menyelesaikan langkah #3 diatas anda akan dibawah ke halaman utama akun blogspot anda, anda akan melihat daftar nama blog anda.
cara membuat blog di blogspot

Silahkan klik pada judul blog anda untuk masuk ke halaman utama blog anda tersebut.

Langkah #5
Buat artikel pertama anda.
Pada tahap #5, anda akan masuk ke halaman utama blogspot anda tersebut,  Silahkan buat artikel pertama anda, untuk membuat artikel anda bisa klik tombol "Entry Baru".
Membuat artikel di blogspot
Anda akan dibawa ke editor artikel blogspot dan bisa anda gunakan untuk mengetik artikel yang anda buat untuk mengisi artikel blog anda.

Tampilannya tidak jauh berbeda dengan microsoft word, jika anda familiar dengan ms word tentu tidak akan asing dengan tampilan editor blogspot tersebut.

Silahkan anda bisa mencoba, tombol-tombol dan lihat fungsinya. tampilannya seperti gambar dibawah ini:
cara membuat artikel di blogspot

Sampai tahap 5 diatas anda sudah berhasil membuat blog dan membuat artikel pertama anda.

Artikel terkait: Seting dasar blogspot yang wajib anda lakukan

Demikian artikel tentang Panduan Membuat Blog dalam #5 langkah Praktis (khusus pemula), semoga bermanfaat.

Ded Lee

No comments:

Post a Comment