“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, January 11, 2019

Diet Syar'i


Assaslamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuhu,

Belakangan kita sering kali mendengar berbagai cara untuk menurunkan berat badan seperti diantaranya: diet golongan darah pernah sempat hits dan diterapkan oleh sejumlah nama papan atas, menyusul kemudian diet OCD (Obsessive Corbuzier's Diet) yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier atau diet mayo yang digawangi Dian Sastro. Kini muncul diet ketofastosis yang lebih populer disebut diet keto sebagai tren jenis diet baru.

Sebenarnya apa sih DIET tersebut? "DIET" merupakan singkatan dalam bahasa Inggris yang tersusun dari kata Did I Eat That? Tapi pemahaman diet yang umum adalah mengatur pola makan.


Beberapa Metode Diet

Berikut penjelasan singkat mengenai metode diet saat ini yang pernah trending:


1. DIET OCD (Obsessive Corbuzier's Diet)

Metode diet OCD merupakan pengaturan waktu pola makan (selama 16 jam, 18 jam, 20 jam atau rentang waktu lainnya). Apabila saat waktunya makan, maka tidak ada larangan atau yang membatasi jenis makanan apapun yang masuk kedalam perut. Maksudnya karbohidrat bisa didapatkan dari bahan makanan apa saja, apakah itu makanan halal atau haram. Pada dasarnya selama rentang waktu diet OCD tersebut diperbolehkan minum air putih atau VCO (Virgin Coconut Oil) hanya saja tidak diperbolehkan makan, dengan kata lain menghilangkan sarapan pagi. Sebagai contoh rentang waktu 16 jam dari jam 8 malam hingga jam 12 siang hanya diperbolehkan minum air putih dan VCO.

Setelah diet OCD tersebut berjalan beberapa waktu,  ternyata tidak semua orang sependapat dengan metode diet OCD tersebut, terutama para medis yang sudah berpengalaman. Salah satunya yaitu pakar nutrisi dan pemerhati diet, yang juga ahli strength and conditioning untuk atlet, dr. Phaidon Toruan. Sejak awal Deddy Corbuzier memperkenalkan diet itu ia menolak. Menurutnya, diet Deddy ini tidak tidak berorientasi pada kesehatan. Ia menuturkan bahwa Deddy hanya memperkenalkan cara untuk membuat tubuh menjadi kurus, bukan untuk tubuh sehat.

Yang juga disayangkan oleh Phaidon adalah: diet yang diterapkan Deddy sama sekali tidak mempedulikan konsumsi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Menurut Phaidon dengan menyebutkan boleh makan apapun, artinya dalam diet OCD ini karbohidrat bisa didapat dari mana saja, termasuk dari lemak trans yang sudah jelas terbukti tidak sehat. Sehingga jika metode diet ini diterapkan dan lalu berhenti, kemungkinan besar berat badan akan kembali naik.  Bukan hanya soal kebebasan kalori, diet yang melarang pelakunya untuk sarapan ini juga berimbas buruk pada tubuh. Efek yang paling jelas: kerja otak melemah.

Sumber:


2. DIET MAYO

Diet ini belakangan sudah tenar sebagai diet yang dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Pertama kali, diet mayo dikembangkan oleh Mayo Clinic (mayoclinic.org) di Amerika Serikat, sehingga diet ini dikenal dengan nama diet mayo. 

Diet mayo pada dasarnya diet yang membatasi asupan makanan seperti garam dan karbohidrat. Selain itu juga Mayo Clinic mengembangkan diet ini juga untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat melalui aktivitas fisik. Memang, teorinya adalah energi yang keluar dan masuk harus seimbang untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

Jumlah kalori yang dibutuhkan dalam diet mayo ini berkisar 1200-1800 kalori per hari, dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah dan protein. Selain itu membatasi asupan garam, gula, dan lemak. Selain itu, masih terdapat aturan penting lainnya yaitu di larang mengonsumsi air es dan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Penerapan Diet ini di lakukan hanya selama 13 hari, dan jika di lakukan secara terus menerus maka mampu menurunkan berat badan 7 kg sampai dengan 13 kg. Namun, program diet mayo ini ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Diantaranya kadar gula yang naik drastis pada tubuh dikarenakan adanya kewajiban untuk mengkonsumsi buah dengan waktu yang sama, sehingga berbahaya bagi penderita diabetes dan darah tinggi, selain itu akan mengalaimi kekurangan cairan atau dehidrasi dikarenakan sedikitnya asupan garam yang juga akan berdampak pada gangguan tubuh serta mudah mengantuk, perut mual juga akan terasa karena diwajibkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran tanpa makanan padat sedikitpun,  sering mengalami kelelahan pada tubuh Anda, karena energi dalam tubuh berkurang.

Sumber:


3. DIET KETOFASTOSIS

Diet ini merupakan gabungan antara ketogenik dan fastosis. Ketogenik merupakan pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan sedang protein. Sedangkan fastosis adalah puasa dalam keadaan ketosis.

Ketosis sendiri adalah kondisi ketika hati manusia sedang memproduksi keton, atau produk sampingan dari metabolisme lemak, untuk digunakan sebagai sumber energi seluruh tubuh, terutama otak. Ketosis hanya terjadi ketika tubuh tidak lagi memiliki asupan karbohidrat atau glukosa.

Dengan demikian, diet ketofastosis ini mengharamkan glukosa dan karbohidrat. Singkat kata, alih-alih membakar glukosa dan karbohidrat, tubuh akan menggunakan lemak untuk diubah menjadi energi. Dimana perbandingan konsumsi dalam diet ini adalah konsumsi 70-75% lemak, 15-30% protein, 5% karbohidrat.

Diet ini sempat diklaim cukup efektif karena bisa menurunkan berat badan hingga 5 kilogram dalam sebulan, namun menurut Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Jakarta Dr Elvina Karyadi tidak menyarankan diet ini dilakukan. “Kalau dari ahli gizi, kami merekomendasikan diet gizi seimbang, yaitu membatasi asupan dan menyeimbangkan kalori yang masuk dengan keluar,” katanya, beberapa waktu lalu. “Memang berat badan cepat turun, tapi kita tidak tahu efek jangka panjangnya bagaimana,” ucapnya.

Asupan gizi seimbang yang dimaksud Elvina adalah konsumsi karbohidrat, protein, dan lemak. Umumnya, tubuh manusia memerlukan 1.200 kalori dari karbohidrat. Pada diet ketofastosis, asupan karbohidrat akan dihilangkan sama sekali sehingga menyebabkan gizi yang diterima tubuh tidak seimbang. Padahal gizi yang cukup sangat diperlukan, terutama pada wanita. Ketika tubuh tidak mendapat asupan gizi yang cukup, produksi hormon akan terpengaruh sehingga siklus menstruasi akan kacau dan meningkatkan risiko infertilitas.

Efek samping umum yang sering terjadi akibat diet keto adalah gangguan pencernaan, seperti perut kembung, sering buang gas, atau sembelit. Selain itu tubuh yang mengolah keton (zat yang dihasilkan dari metabolisme lemak) meningkatkan aseton dalam darah, keringat, urin, dan juga melalui napas. Utamanya ini akan menyebabkan bau pada mulut serta memicu kerusakan ginjal. ketika kadar gula dalam darah di bawah batas normal maka akan menimbulkan hipoglikemia atau gangguan jantung yang menyebabkan sulit konsentrasi, cepat lelah, detak jantung tidak normal, gangguan tidur, hingga mengalami sindrom kecemasan.

Sumber:


Diet Menurut Rasulullah shalallahu alaihi wassalam

Jika menela’ah kehidupan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, beliau jarang sekali sakit. Pola hidupnya sangatlah sehat. Dari mulai pola makan, istirahat, berolahraga dan sebagainya. Rasulullah adalah panutan kita umat Islam, apa yang Beliau lakukan pasti banyak hikmahnya. Dibandingkan metode beberapa diet yang ada diatas, sudah sepatutnya kita mencontoh diet ala Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Apabila kita melihat beberapa metode diet diatas, sungguhlah sangat berbahaya bagi kesehatan kita sendiri, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ

”Tidak boleh membahayakan diri sendiri atau membahayakan orang lain.” (HR. Malik dalam al-Muwatha’ 600/2758, Ahmad 2865, Ibn Majah 2341, dan yang lainnya)

Jadi apabila ada diet yang sekiranya bertentangan dengan kodrat alami tubuh kita, maka hal tersebut akan membahayakan diri sendiri yang dilarang Rasulullah.

Beberapa gambaran pola hidup sehat Rasulullah berdasarkan berbagai riwayat yang bisa dipercaya, sebagai berikut:


1. Tidak boleh makan berlebihan

“Tidaklah seorang manusia memenuhi satu wadah yang lebih berbahaya dibandingkan perutnya sendiri. Sebenarnya seorang manusia itu cukup dengan beberapa suap makanan yang bisa menegakkan tulang punggungnya. Namun jika tidak ada pilihan lain, maka hendaknya sepertiga perut itu untuk makanan, sepertiga yang lain untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk nafas.” (HR. Ibnu Majah no. 3349 dan dinilai shahih oleh Al Albani dalam shahih sunan Ibnu Majah no. 2720).

Sharah hadits Ibnu Majah diatas, menjelaskan dimana Rasulullah mengajarkan saat makan kita tidak boleh makan yang berlebihan, Beliau menganjurkan adalah 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 lagi untuk udara atau bernafas. Hal tersebut menghindari lambung kita bekerja keras begitupun asupan udara atau nafas agar tetap terjaga.

Al Fudhail bin Iyyadh mengatakan, “Ada dua hal yang menyebabkan hati menjadi beku dan keras yaitu banyak berbicara dan banyak makan.”“Orang beriman itu makan dengan menggunakan satu lambung sedangkan orang yang kafir makan dengan menggunakan tujuh lambung.” (HR. Bukhari no. 5393, dan Muslim no. 2060).

Sharah hadits dari Al Fudhail di atas menjelaskan bahwa lambung kita tidak diperbolehkan terisi dengan makanan yang berlebihan, karena hal tersebut akan membuat kita malas dan mengantuk sehingga hati menjadi beku dan keras.


2. Membiasakan Puasa Senin Kamis

Kita tahu bahwa pahala puasa itu sangat besar seperti yang disabdakan Rasulullau berikut: Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim no. 1151)

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,
ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR Muslim 1162)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi (shahih dilihat dari jalur lainnya). Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1041.

Faedah Puasa Senin-Kamis
1. Beramal pada waktu utama yaitu ketika catatan amal dihadapkan di hadapan Allah.
2. Kemaslahatan untuk badan dikarenakan ada waktu istirahat setiap pekannya.


3. Membiasakan Minum Air Rendaman Kismis atau Kurma (Nabeez)

Aisyah Radhiyallahu anha menuturkan.

كَانَ أَحَبُّ الشَّرَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحُلْوَ الْبَارِدَ

"Minuman yang paling disukai Rasulullah ialah yang dingin dan manis". [HR Ahmad 6/38 dan 40, At Tirmidzi dalam Al Jami’ no. 1896 dan dalam Asy Syamail 1/302 dengan sanad shahih. Dishahihkan oleh Al Hakim 1/337 dan disepakati oleh Adz Dzahabi.]

Penuturan Aisyah di atas memiliki beberapa ihtimal (kemungkinan). Bisa jadi, yang dimaksud ialah air yang dicampur madu, rendaman kismis ataupun kurma, sebagaimana tercantum dalam riwayat Muslim berikut.

َعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْبَذُ لَهُ الزَّبِيبُ فِي السِّقَاءِ فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ وَالْغَدَ وَبَعْدَ الْغَدِ فَإِذَا كَانَ مَسَاءُ الثَّالِثَةِ شَرِبَهُ وَسَقَاهُ فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ أَهَرَاقَهُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyalahu ‘anhu, ia berkata,”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa , beliaupun menuangnya.” [HR Muslim]

Ibnul Qayyim rahimahullah mengungkapkan dalam kitab Zaaduul Ma’ad, jika dua sifat dingin dan manis terhimpun dalam satu minuman, akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh, membantu proses pencernaan dan penyaluran saripati makanan dengan sempurna, mencairkan dahak, mencuci dan membasmi bibit penyakit di lambung, menetralisir sisa-sisa makanan, serta menstabilkan kehangatan lambung. Di samping itu juga sangat bermanfaat bagi hati, ginjal dan kandung kemih.


4. Membiasakan Minum Madu dan Air Dingin di Pagi Hari

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi mengatakan, “Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong”.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an". (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu)

Rasulullah bersabda: “Jika ada kebaikan pada penyembuhan kalian, maka itu ada pada hijamah atau minum madu atau sengatan api. Tetapi aku tidak menyukai dengan cara kay (sundut dengan besi panas).” (Hadits shahih yang dikeluarkan oleh al-Bukhari dan Muslim. Lihat Silsilah al-Ahadits Ash-Shahihah, hadits no. 245)

Pada dasarnya, madu bisa menjadi obat berbagai penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.


5. Konsumsi 7 Butir Kurma di Waktu Dhuha

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash.

Hal itu terbuki ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Racun yang tertelan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam kemudian dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Salah seorang sahabat, Bisyir ibu al Barra’ yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam selamat dari racun tersebut.


6. Konsumsi Cuka dan Minyak Zaitun di Waktu Sore

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ نِعْمَ الْأُدُمُ أَوْ الْإِدَامُ الْخَلُّ

“Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman Ad Darimi, telah mengabarkan kepadaku Yahya bin Hassan telah mengabarkan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Hisyam bin ‘Urwah dari Bapaknya dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Sebaik-baik lauk pauk adalah cuka.” (HR. Muslim, No: 3823).

Menjelang sore hari, menu Rasulullah shalallahu alaihi wassalam biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Rasulullah juga mengonsumi makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.


7. Konsumsi Bubur Daging (Tsarid) saat Berbuka Puasa

Bubur daging,merupakan makanan yang mudah di cerna oleh pencernaan setelah seharian berpuasa dan dapat dengan cepat memulihkan kondisi tubuh.

Rasulullah bersabda:

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ و حَدَّثَنَا عَمْرٌو أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ مُرَّةَ عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَلَ مِنْ الرِّجَالِ كَثِيرٌ وَلَمْ يَكْمُلْ مِنْ النِّسَاءِ إِلَّا مَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ وَآسِيَةُ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ وَفَضْلُ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

Artinya :
Telah bercerita kepada kami [Adam] telah bercerita kepada kami [Syu’bah] berkata; Dan diriwayatkan pula, telah bercerita kepada kami [‘Amru] telah mengabarkan kepada kami [Syu’bah] dari [‘Amru bin Murrah] dari [Murrah] dari [Abu Musa Al Asy’ariy radliallahu ‘anhu] berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Manusia yang sempurna dari kalangan laki-laki sekian banyak, namun tidak ada manusia sempurna dari kalangan wanita melainkan Maryam bin ti ‘Imran, Asiyah, dan istrinya Fir’aun. Dan keutamaan ‘Aisyah terhadap wanita-waita lain bagaikan keutamaan makanan tsarid dibandingkan seluruh makanan lain”. (Tsarid adalah sejenis makanan yang terbuat dari daging dan roti yang dibuat bubur dan berkuah). (Hadits Shahih Bukhari No 3485)

Diriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar radiallahu 'anhu bahwa Apabila dirinya membuat tsarid, ia menutupinya dengan sesuatu sehingga hilang asapnya. Ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, 'Sesungguhnya Tsarid merupakan berkat yang paling besar". (HR Ahmad dan Ad-Darimi)

Kesimpulan:
Dengan mengikuti pola diet ala Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam diatas, insyaAllah kita bisa sehat tanpa menyakiti diri sendiri. Wallahu 'alam.

Semoga bermanfaat,
DK

No comments:

Post a Comment