“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Sunday, June 26, 2016

Cara Pasang Wi-Fi Router

Paling tidak ada yang bisa kita hemat ketika menggunakan Wi-Fi dirumah, yaitu beli pulsa data internet jadi berkurang karena semua device menggunakan satu koneksi internet yang sama. Terutama bagi istri yang di rumah dan device kita sendiri saat bekerja di rumah, juga anak-anak jika sudah bisa main internet. Jika sebelumnya setiap device kita harus membeli pulsa data internet, sekarang cukup satu saja yaitu di modem yang terpasang di Wi-Fi router.


Saya menggunakan Wi-Fi router merk TP-Link TL-MR3020 .. karena, ya tentu saja karena murah. Tidak sampai 190 ribu rupiah saya keluarkan untuk membelinya dengan spesifikasi yang lebih dari cukup untuk rumahan. Anda bisa membelinya di toko-toko online seperti Bhineka, Lazada dll. Selain murah bentuknya yang mungil membuat saya terpikat, tanpa antena yang menonjol, simple, minimalis. Artinya ketika berpergian ke kampung, saya bisa membuka warung Wi-Fi gratis buat saudara-saudara tanpa ribet, cukup colok power, colok modem, langsung browsing.

Cara memasang Wi-Fi router TP-Link TL-MR3020
  1. Siapkan Wi-Fi router dan kabel powernya.
  2. Siapkan modem dengan sim card data internet terpasang (asumsi sudah punya)
  3. Colokkan kabel power USB ke Wi-Fi router, masukkan kabel power ke stop-kontak
  4. Pasang USB modem ke Wi-Fi router
  5. Pada bagian Wi-Fi router ada label KEY, catat nomor KEY tersebut. Pada device yang ingin terkoneksi, nyalakan Wi-Fi, pilih dan masukkan nomor KEY (ini hanya dilakukan sekali saja, selanjutkan akan otomatis).


Test browsing misal ke http://www.yahoo..com
Untuk setting gunakan browser, buka alamat IP default yang tertera pada Wi-Fi router (192.168.0.254). Masukkan default user dan password yang juga tertera pada Wi-Fi router (admin/admin). Pada bagian ini anda bisa melakukan banyak setting misal mengubah IP, mengubah KEY, restart dll.

Review TP-Link TL-MR3020
Saya sudah menggunakan beberapa minggu ini. Cukup puas dengan beberapa catatan. Menggunakan modem yang lama (Huwawei E220), sering putus (unplugged) setiap beberapa jam. Untuk penggunaan internet heavy-duty tentu ini sangat mengganggu. Tapi untuk browsing-browsing saja sebenarnya tidak begitu berpengaruh.

Jika modem sudah unplugged dan tidak bisa up lagi, maka harus restart Wi-Fi Router, bisa dilakukan melalui setting di browser (langkah 7). Proses restart berlangsung sekitar 3-5 menit, setelah itu baik sinyal Wi-Fi maupun koneksi internet bisa segera langsung digunakan. Kecepatan jaringan tidak ada keluhan karena 150Mbps terasa seperti seperti melewati jalan tol menggunakan becak (hehe). Jangkauan cukup luas dan sinyal kuat, tidak begitu terpengaruh oleh tembok-tembok kamar, sebaiknya posisikan dibagian tengah rumah dan agak tinggi.

Sumber:

Semoga bermanfaat,
Ded Lee