“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Monday, March 21, 2016

Aturan baru Formula 1 2016


FIA telah mengumumkan jadwal baru mereka, dimana musim 2016 nanti ajang balapan akan dimulai satu bulan lebih lambat dibanding musim ini, yakni di bulan April. Pada musim 2015 lalu, balapan digelar pada bulan Maret. Selain itu, mereka juga tetap menggunakan aturan lama dengan menjadwalkan 21 balapan selama satu musim penuh.

Jadwal Formula 1 tahun 2016:




Berikut aturan-aturan yang dibuat FIA sesuai yang dilansir dari situs resmi F1:


1. Kualifikasi penentuan Pole Position
Start sesuai hasil kualifikasi
Aturan yang cukup rumit ini, akan membuat kualifikasi terbagi ke dalam empat sesi, dan di sesi puncak, hanya ada dua pebalap yang bertarung untuk memperoleh pole position. Para pebalap semenjana, bisa langsung terlempar di kualifikasi pertama.

Terobosan baru kualifikasi Formula 1 awalnya baru diterapkan pada GP Rusia. Namun ternyata, percobaannya dipercepat sejak seri pertama. Dalam sesi pertama kualifikasi, seluruh pebalap akan diberi kesempatan unjuk gigi meraih waktu tercepat. Akan ada 22 pebalap yang bertarung di sesi ini.

Namun kualifikasi pertama (Q1) akan langsung memakan korban. Setiap 90 detik sekali, pebalap paling lambat akan tereliminasi alias gugur. Dalam durasi 16 menit, akan ada tujuh pebalap yang lenyap. Sementara 15 yanglain berhak melanjutkan ke sesi berikutnya, kualifikasi 2 (Q2).

Di babak ini, hal yang sama akan terulang. Dalam durasi 16 menit, akan ada tujuh pebalap yang tereliminasi. Hitungannya pun sama, setiap 90 detik sekali. Dengan demikian, dari kualifikasi kedua, hanya akan ada 8 pebalap yang maju ke kualifikasi 3 (Q3).
Aturan kualifikasi ketiga masih sama. Setiap 90 detik sekali, pebalap paling lambat akan tercoret. Namun, durasinya hanya 14 menit.

Dengan demikian, hanya ada enam orang yang gugur. Di akhir kualifikasi ketiga, akan muncul dua pebalap tercepat yang masuk ke kualfiikasi empat (Q4). Di sinilah penentuan segalanya, dua pebalap bertarung selama 90 detik untuk memperebutkan pole.


2. Penggunaan Knalpot jenis Wastegate secara terpisah
Knalpot jenis Wastegate
FIA telah mengumumkan bahwa untuk meningkatkan kualitas suara mobil, maka di tahun 2016 nanti seluruh mobil harus miliki knalpot berjenis Wastegate secara terpisah. Hal ini ditujukan agar nantinya kendaraan tidak milki dampak yang signifikan terhadap daya mesin pada mobil.


3. Pematuhan terhadap mesin kendali (Kokpit)
Pelindung kepala (halo) pada saat sesi latihan
Setiap mobil harus mematuhi kokpit (mesin pengendali) serta syarat untuk menggunakan peralatan keselamatan selama latihan salah satunya pelindung kepala (halo).


4.Tidak diperkenankan meninggalkan trek tanpa alasan
Larangan meninggalkan trek tanpa alasan
Pengemudi harus melakukan hal yang wajar untuk menggunakan trek sepanjang waktu dan tidak diperkenankan meninggalkan trek tanpa alasan yang jelas. Jika melanggar, pebalap akan diberikan sanksi.


5. Pembatasan pergantian gear box
Gear box Formula 1
World Motor Sport Council (WMSC) sepakat usul dari F1 mengenai aturan perubahaan mesin atau gearbox pada mobil, dimana nantinya akan diberikan batas waktu. Nantinya, para rider akan diberi tahu untuk penggunaan waktu perubahan mesin tersebut.


6. Pelarangan penggunaan kamera pada papan dan depan mobil (hidung)

Pada tahun 2017 nanti, kamera pada bagian papan atas depan mobil (hidung) sudah dilarang. Artinya, penggunaan kamera tersebut di musim 2016 nanti sebagai yang terakhir.

Sumber:

Semoga bermanfaat,
Ded Lee