“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, March 2, 2016

Cara Bongkar Asus Fonepad 8 (FE380CG)

Asus Fonepad 8 (FE380CG)
Dalam panduan ini, Saya akan menjelaskan cara membongkar Asus Fonepad 8. Karena hal ini pengalaman yang saya alami sendiri saat Tab yang anak saya miliki mengalami kerusakan pada LCD yang pecah.

Pada awalnya saya mendatangi service center ASUS yang resmi. Setelah tanya-tanya ternyata harga LCD tersebut hampir sama dengan harga beli baru Tab tersebut. Perlu diketahui saat beli kondisi baru harga berkisar Rp. 2.2 juta. Dan harga ganti LCD di service center yang resmi adalah 1.7Juta.

Saya tidak menyerah begitu saja, karena saya memiliki basic elektronika di sekolah dulu. Akhirnya saya searching di Mbah Google, dan saya dapatkanlah toko online yang menjual sparepart LCD tersebut dimana harganya hanya Rp. 340 ribu saja. Sayapun tanpa panjang lebar langsung pesan dan Alhamdulillah sampai dirumah dengan aman. Saya lakukan pembongkaran Asus Fonepad 8 ini atas petunjuk dari cara bongkar Asus Fonepad 7 di blog saya. Saya pikir secara garis besar sama, dan ternyata berbeda.

Bagi pemula yang belum pernah membongkar Tab ini sebaiknya harus hati-hati yang terpenting kita tidak perlu membuka bagian touch screen nya. Karena Touch screen tersebut sudah di lem menggunakan double tape yang sangat kuat. Apabila kita melepasnya maka dipastikan kabel FFC nya akan terputus. Jadi harus hati-hati dan sebaiknya tidak kita lepas. Kalau terputus kabel FFC nya otomatis harus diganti dengan yang baru, beli di toko online sekitar harga Rp.200 ribu. Catatan: saat membeli touchscreen harus yang ada tulisan ASUS nya jangan yang tidak ada tulisannya. Pengalaman penulis yang tidak ada tulisannya tersebut gampang tidak terbaca saat layar disentuh, otomatis harus ganti baru.

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

1. Buka dust cover dan keluarkan semua SIM Card termasuk SD Card.
Dust Cover tempat SIM Card dan SD Card
2. Cungkil penutup belakang dengan picks gitar

Cungkil pada bagian volume dan power
3. Kondisi antara cover bagian atas yang terdapat LCD, touch screen, Mainboard dan Batre dengan cover bagian belakang terpisah.

Cover bagian atas (terdapat, main boad, batre, LCD dan touch screen)
Cover bagian bawah (hanya plastik injection)
4. Lepaskan kabel FFC yang di border Segi empat warna merah, baut yang di border lingkaran warna merah dan konektor kabel yang di border segitiga warna merah.

Cover atas bagian 1
Cover atas bagian 2
5. Lepaskan double tape yang melekatkan kabel biasa dan kabel FFC pada batre dan chasis.
Untuk kabel batre tidak perlu dilepas, tapi apabila ingin melepasnya jangan ditarik melainkan diangkat keatas. Karena sistem koneksinya dengan memasangnya dari arah atas konektor bukan dari samping.
Semua kabel sudah terlepas
6. Angkat Mainboard hingga terpisah dari LCD dan touch screen.
Mainboard yang sudah terpisah dari LCD dan touch screen
(batre tidak dilepas dan tetap pada Mainboard)
7. Ambil dan angkat LCD dari dalam cover depan yang ada touch screennya.
LCD yang sudah terpisah dari cover depan
Touch screen yang tidak perlu dilepas dari cover depan
8. Selesai.

Untuk mengembalikan pemasangan komponen yang sudah dilepas. Kita dapat mengikuti kembali metode diatas secara terbalik dari No 7 ke No 1. Dan Alhamdulillah Tab punya anak saya akhirnya dapat kembali berfungsi normal setelah diganti LCD nya.

Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang memiliki Tablet serupa (Asus Fonepad 8 FE380CG) yang mengalami kerusakan pada Batre, LCD ataupun touch screennya.

Terima kasih,
Ded Lee