“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Monday, March 21, 2016

Duluan Telur atau Ayam?


Pertanyaan sederhana ini telah menjadi sebuah pertanyaan dan teka-teki klasik yang tidak jelas jawabannya. Akan tetapi, para ilmuwan berhasil menemukan jawaban dari pertanyaan klasik ini. 

ASAL MULA TEKA-TEKI

Pertanyaan dari yang mana yang terlebih dahulu ada, telur atau ayam? merupakan sebuah pertanyaan yang telah ada sejak dulu dan mungkin dapat disebut sebagai salah satu teka-teki tertua yang ada. Filsuf jaman dahulu sering mengaitkan pertanyaan ini dengan bagaimana sebenarnya kehidupan dan alam semesta dimulai.

Pertanyaan ini sendiri dimulai oleh Ahli filsafat dan murid dari Alexander the Great, Aristoteles atau Aristotle, dimana ia mempertanyakan ide bahwa pasti ada burung atau telur pertama di dunia ini. Pada akhirnya karena ketidakjelasan dari pertanyaan ini sendiri, ia menyimpulkan bahwa ayam dan telur sudah ada secara bersamaan. Tapi benarkah itu?

PEMBAHASAN


Video di atas menunjukkan bahwa pada dahulu kala, jauh sebelum sekarag ini. Ada seekor mahluk yang menyerupai ayam, Serupa dengan ayam tetapi bukan ayam yang kita ketahui sekarang dan mahluk itu disebut dengan proto-chicken (prototype ayam). proto-chicken ini sendiri dibagi menjadi proto-hen (prototype ayam betina) dan proto-rooster (prototype ayam jantan).

Pada awalnya proto-hen menelurkan sebuah telur dan proto-rooster membuahinya. Tetapi karena gen dari pejantan dan betina yang hampir menyerupai ayam ini menjadi satu dalam sebuah cara yang baru, menghasilkan sebuah mutasi yang secara tidak sengaja menghasilkan anak ayam yang berbeda dari famili atau keluarganya. Nah, anak ayam inilah yang pada akhirnya kita kenal dengan sebutan 'ayam' sekarang ini.

Jadi pada kesimpulannya, dua mahluk yang sangat menyerupai ayam menghasilkan sebuah telur ayam, dan dengan begitu maka didapatkan sebuah jawaban bahwa: "telur datang terlebih dahulu, yang kemudian menetas menjadi sebuah ayam."

Mungkin pertanyaan yang lebih cocok adalah "yang mana yang duluan, proto-chicken atau telur proto-chicken?"

Walaupun hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti, jawaban sebenarnya akan yang mana yang datang duluan ini tergantung atas kepercayaan kita, sampai pada saat dimana ada orang yang dapat membuktikan secara nyata dan faktual bahwa telur atau ayam yang ada duluan.

Semoga bermanfaat,
DK

Sumber: