“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, February 18, 2016

Buah Unik dan Langka dari Hutan Kalimantan

Beragam buah-buahan di hutan Kalimantan
Buah-buahan di Kalimantan sungguh banyak dan beragam, terutama buah-buahan endemik dan khas hutan Kalimantan. Namun, saat ini cukup sulit untuk mendapatkan buah-buah khas Kalimantan, meski telah menjelajahi pasar-pasar tradisional.


Terkadang, buah-buahan tersebut justru dijual langsung oleh masyarakat yang memanen hasil kebun buahnya di pinggir jalan. Seperti salah satunya adalah keledang. Buah keledang termasuk buah langka di Kalimantan dan sangat sulit ditemukan. Hal itu dikarenakan habisnya hutan-hutan alami di Kalimantan.

Buah keledang ini mirip sekali dengan buah nangka dan cempedak. Buah keledang ini berukuran kecil, bahkan sebesar genggaman tangan orang dewasa, dari nampak luar buah ini juga mirip dengan buah cempedak hanya saja bentuk keledang sedikit lebih bulat.

Kadang buah-buahan tersebut justru dijual langsung oleh masyarakat yang habis memanen hasil kebun buah mereka di pinggir jalan saja. Mau tahu buah apa saja itu?.

1. Keledang
Buah keledang yang memiliki tekstur sama seperti nangka atau cempedak
Buah Keledang termasuk buah langka di Kalimantan, seiring dengan semakin habisnya hutan-hutan alami karena banyak faktor. Buah keledang ini mirip sekali dengan buah nangka dan cempedak karena masih satu famili yaitu Famili Moraceae.Buah keledang ini berukuran kecil bahkan sebesar genggaman tangan orang dewasa, dari nampak luar buah ini juga mirip dengan buah cempedak hanya saja bentuk keledang agak bulat. Jika dibuka daging buah keledang berwarna jingga kemerahan, dan bentuk daging buahnya seperti cempedak namun ukurannya sedikit lebih besar dari daging buah cempedak. Sensasi rasa buah keledang seperti campuran rasa nangka dan manggis, yaitu manis, sedikit ada rasa asam. Jika nangka dan cempedak memiliki aroma buah yang khas, berbeda dengan keledang. Daging buah keledang tidak memiliki aroma apapun, sehingga jika anda tak menyukai nangka maupun cempedak, mungkin setelah mencicipi keledang anda akan jatuh hati.

2. Lahung
Buah Lahung berkulit merah dan isinya kuning seperti durian
Tak mudah untuk mendapatkan buah ini. Buah Lahung sangat mirip dengan buah durian dari luarnya. Namun uniknya kulit buah lahung berwarna merah dan jika dibelah isi daging buahnya berwarna kuning. Rasanya pun tak jauh berbeda dengan durian.

3. Kasturi
Buah Kasturi yang memiliki rasa manis sama seperti mangga 
Buah Kasturi ini mirip dengan buah mangga namun berukuran kecil seperti buah sawo. aromanya pun mirip mangga. Kulit buahnya berwarna hijau tua agak kehitaman, daging buahnya kuning hingga jingga dan rasanya manis segar. Buah ini masih cukup banyak tumbuh di Kalimantan, namun hanya sedikit yang mengetahui buah ini.

4. Asam Putar
Buah Asam Putar seperti mangga rasanya asam
Buah Asam Putar ini sejenis buah mangga yang rasanya asam. Asam putar disebut juga asam pulasan, keunikan buah  ini adalah  bijinya  bisa dilepas dengan cara diputar. Sehingga karena rasa asam dan buahnya dapat diputar untuk melepaskan biji inilah dinamakan buah asam putar. Buah ini dapat ditemukan di hutan pedalaman Kalimantan.

5. Wanyi
Buah Wanyi mirip mangga isinya berwarna putih
Buah Wanyi ini mirip juga dengan buah mangga, namun ukurannya sedikit lebih besar. Buah wanyi berbentuk lonjong, kulitnya berwarna hijau ada sedikit corak kehitaman. Daging buah wanyi berwarna putih, rasanya manis keasam-asaman dan beraroma sangat tajam. Buah ini termasuk langka ditemukan di daerah kota, mungkin hanya ada di hutan-hutan Kalimantan saja.

6. Bemotong
Buah Bemotong mempunyai daging berwarna ungu atau putih
Buah bemotong ini tumbuh bergerombol dan tersusun beberapa buah dalam satu tandan di pangkal batang, tepat di atas tanah. Ketika masih di pohon warna buah ini merah, namun setelah dipetik akan berubah menjadi kecoklatan. Daging buah bemotong berwarna ungu atau putih, ada bijii kecil ditengah buahnya dan rasanya manis. Bentuk buah bemotong lonjong-lonjong, berukuran kecil, seperti buah melinjo.

7. Ramania
Buah Ramania termasuk golongan buah Gandaria
Buah Ramania mungkin masih bisa kita jumpai saat musim buah di akhir tahun, walau tidak terlalu banyak. Buahnya bulat berwarna hijau hingga kuning, bergerombol di satu ranting. Buah ramania yang sudah matang dan bisa dikonsumsi adalah yang berwarna kekuningan.
Daging buah yang masih muda berwarna hijau dan bijinya berwarna ungu
Daging buah ramania berwarna kekuningan dan memiliki biji di bagian tengahnya. Rasa buah ramania manis hingga asam segar.

8. Kapul
Buah Kapul serupa dengan manggis tapi dagingnya sama seperti duku
Buah kapul ini serupa buah manggis. Namun ada beberapa perbedaan yang dapat dilihat langsung, yaitu warna kulit buah kapul seperti warna kayu, sedang manggis berwarna ungu  kehitaman. Pada manggis di bagian bawah terdapat mahkota bentuk seperti bintang yang menggambarkan banyak isi daging buah di dalamnya, sedangkan kapul tidak ada. Daging buah kapul ada yang berwarna putih dan kuning, sedangkan manggis berwarna putih. Tapi soal rasa, keduanya memiliki rasa yang manis dan sedikit ada rasa asam.

9. Rambai
Buah Rambai bentuk dan isi serupa dengan duku tapi rasanya manis keasaman
Buah rambai ini serupa buah langsat/ duku, dan memiliki rasa manis keasaman. Rambai tumbuh dan menyebar dari Indomalesia ke arah Pasifik Barat. Kemunculan buah rambai atau masa panen rambai menandakan musim buah akan segera berakhir.

10. Ihau
Buah ihau kalau bahasa kita buah lengkeng
Buah ihau disebut juga mata kucing bagi sebagian orang dan setelah melihat isi buahnya banyak pula yang menyebut ihau sebagai kelengkeng asli Kalimantan. Buah ihau merupakan buah asli Kalimantan Timur dan mungkin juga ada di hutan Kalimantan lainnya, termasuk hutan Malaysia dan Brunei. Rasa buah ihau manis seperti buah kelengkeng, daging buah berwarna putih dengan biji berwarna cokelat di tengahnya. Sedikit perbedaan di bagian kulitnya karena ihau memiliki tekstur kulit yang berbintik menonjol keluar.

Sumber:

Semoga bermanfaat,
Ded Lee