“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, February 10, 2016

Nama Makanan Khas Palembang yang Unik

Pempek Palembang
Kota Palembang yang identik dengan pempek ini juga memiliki ragam kuliner lain. Sebagian kuliner Palembang memiliki nama unik dan ekstrem. Ragam penganan itu misalnya pempek kapal selam, model, pempek DOS, kue 8 jam, godo-godo, sampai peler kambing.


Berikut beberapa makanan khas Palembang dengan nama-nama unik tersebut.

1. Pempek Kapal Selam
Pempek Kapal Selam
Seperti makanan pempek kapal selam, dulunya hanya disebut dengan pempek telur besar. Saat proses perebusan, adonan pempeknya langsung tenggelam di dalam air rebusan dan setelah masak akan mengambang ke atas.

Bentuknya pun juga langsung membesar dan seperti kapal selam. Nama ini pun langsung dipatenkan hingga sekarang.

2. Model
Model
Lalu ada kudapan lain yang berasal dari pempek, yaitu model. Biasanya orang mengenal nama model sebagai profesi peraga busana.

Namun, di Palembang, model menjadi makanan selingan yang mengenyangkan. Ada dua jenis model, yaitu model gendum dan model ikan.

3. Pempek Kriting
Pempek Kriting
Ada juga pempek keriting. Sebenarnya, nama asli pempek keriting yaitu pempek kelesan kerupuk karena dibentuk menggunakan kelesan untuk membuat kerupuk. Yang jelas bukan kriting rambut yah.

Namun, kemungkinan karena berkembangnya zaman dan banyaknya salon yang memodifikasi rambut keriting, pempek ini pun disebut pempek keriting sesuai dengan tren rambut saat itu.

4. Peler Kambing
Peler Kambing
Ada juga yang unik dan sedikit jorok jika didengar, yaitu peler kambing. Namanya seperti alat kelamin hewan, tapi sebenarnya nama tersebut bukan berasal dari Palembang, sebutan itu dari orang luar. Bahan peler kambing terbuat dari pisang yang di haluskan dicampur terigu dan di goreng.

"Nama aslinya adalah pempek pisang, tapi sekarang masih banyak juga warga yang menggunakan nama tersebut saat berjualan maupun jajan,"lanjutnya.

5. Godo-godo
Resep Cara Membuat Pempek Godo-godo Palembang Makyus
Pempek Godo godo
Godo-gogo merupakan sejenis pempek yang terbuat dari terigu, telur ayam, garam secukupnya dan potongan daun bawang yang di aduk dan di goreng.

Godo-godo berbeda dengan gado-gado (pecel) makanan khas orang jawa. Makannyapun harus dengan cuka pempek.

6. Kue Delapan Jam
Kue Delapan Jam
Ada juga kue delapan jam, sesuai namanya kue ini dibuat selama delapan jam di dalam oven. Tak tanggung-tanggung, ada belasan telur bebek yang digunakan untuk membuat kue ini terasa nikmat.

Biasanya, kue ini dibuat saat perayaan tertentu atau lebaran. Kudapan khas Palembang ini juga sudah didaftarkan sebagai warisan budaya Indonesia.

7. Pempek Dos
Beragam pempek Dos
Namanya menyerupai operating system pada komputer DOS, tapi yang jelas bukan singkatan dari Disk Operating System. Dos diambil dari suara pempek tersebut saat di goreng terdengar suara Dos.... Pempek ini tidak terbuat dari ikan melainkan hanya campuran terigu, sagu, sedikit garam, telur dan kaldu ayam.

Bentuk Pempek Dos ini dapat dibuat bermacam macam pempek seperti: pempek lenjer (panjang), pempek bulat (adaan), pempek kulit, pempek pastel atau pempek kriting.

8. Pempek Pastel
Pempek Pastel
Pempek pastel, mungkin orang berpikir bahwa pastel adalah pensil warna yang biasa digunakan anak-anak menggambar, ternyata pastel adalah makanan khas orang palembang.

Pempek pastel ini biasanya pakai isi, dari pepaya muda yg sudah di serut dan ditumis sebelumnya. Untuk kulit pempek pastel sama seperti pempek Dos yang tidak terbuat dari ikan.

9. Pempek Lenggang
Pempek Lenggang
Seperti namanya lenggang artinya santai bisa kemana saja, begitupun dengan pempek ini bisa terbuat dari campuran pempek apa saja di potong-potong dan di goreng didalam telor yang di kocok terlebih dahulu.

Sama seperti pempek panggang, masaknya juga dipanggang, tapi pakai daun pisang. Tapi bisa juga di goreng biasa. Caranya pemepk lenjer/pemepk telor digoreng dengan telor yang sudah dikocok seperti telor dadar

10. Kue Maksubah
Kue Maksubah
Orang akan mengira makanan ini dibuat oleh seorang ibu-ibu yang bernama Mak Subah. akan tetapi kue ini adalah kue yang berwujud mirip kue lapis legit. Kue ini berbahan dasar bahan-bahan alami, khususnya telur bebek dalam jumlah banyak yang untuk satu loyangnya dapat mencapai 28 butir.

Bahan tambahan lainnya adalah mentega, gula, dan susu kental manis. Pastinya kue ini merupakan salah satu hidangan kebanggaan Kesultanan Palembang untuk menjamu tamu-tamunya. Kue ini juga sangat populer pada hari-hari besar tertentu.

Semoga bermanfaat,
Ded Lee