“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, February 26, 2016

Teknologi Masa Depan Yang Sudah Ada Saat Ini

Kemajuan Teknology saat ini
Berbicara tentang teknologi memang tidak akan ada habisnya. Setiap hari berbagai macam teknologi dikembangkan. Negara-negara maju juga sudah mengembangkan berbagai macam teknologi yang dapat menunjang kehidupan manusia.
Berbagai inovasi di bidang teknologi pun bermunculan dan ada berbagai macam teknologi masa depan yang sudah ada saat ini dan akan terus dikembangkan, seperti:

1. Printer 3D
Printer 3D
Printer 3D ini memang sudah ada dan akan terus dikembangkan sebagai alat cetak gambar tiga dimensi. Teknologi printer terbaru dalam bentuk tiga dimensi ini juga dikenal sebagai protype cepat atau stereolithography dimana sebuah objek tiga dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan.

2. Komputer Kuantum

Jika Anda gemar bermain game terutama game di komputer, pastilah membutuhkan kapasitas yang besar entah di ram memory atau bagian lainnya. Di dunia ini ada sebuah komputer yang memiliki kecepatan tinggi, yaitu komputer kuantum, sebuah PC yang memiliki kecepatan ribuan kali dari komputer canggih saat ini. Untuk mengetesnya, para ahli sudah menggunakan komputer ini untuk memecahkan kode sampai 140 digit dengan waktu beberapa menit.


3. Meta Space Glasses

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui Google Glass, bukan? Ya, sebuah kacamata yang dikombinasikan dengan smartphone. Namun, ada yang lebih canggih lagi dari teknologi tersebut, yaitu Space Glass, sebuah kacamata yang berteknologi tinggi yang membuat kehidupan kita lebih simple dan mudah. Cara kerja teknologi ini adalah ketika kita menggunakan space glass dapat menyentuh benda-benda buatan kacamata tersebut dan merangkainya, ataupun melakukan hal lainnya.

4. Robot

Anda pasti sudah kenal teknologi ini, bukan? Ya, teknologi yang dapat mengerjakan tugas fisik menggunakan control manusia atau program. Robot ini memang sudah banyak dikembangkan di berbagai Negara. Berbagai macam tugas robot diciptakan demi menunjang tugas kehidupan manusia baik di industri maupun kehidupan sehari-hari.

5. Teknologi Asisten Pribadi
Smartphone
Teknologi ini masih berkaitan dengan robot, namun robot yang tidak nyata, tapi dapat membantu manusia. Teknologi ini tersemak di dalam smartphone, seperti Cortana di Windows Phone, Google Now di Android.

6. Mobil Semi Autonomous
Mobil Semi Autonomous
Jika kalian mengetahui film Knight Rider, mobil semi autonomous ini adalah sebuah implementasi dari film tersebut. Teknologi mobil ini memungkinkan kendaraan dapat bergerak dan melaju sampai tujuan tanpa menggunakan sopir. Saat ini Google tengah mengembangkan mobil ini. Mobil tanpa sopir dipercaya akan menjadi tren di masa depan.

7. Teknologi Augmented Reality
Teknology Hologram pada aplikasi smartphone
Teknologi Augmented Reality ini bekerja dengan menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi ini seperti sebuah hologram dan teknologi ini akan menjadi pilihan teknologi di masa yang akan datang dimana akan diaplikasikan di aplikasi smartphone.

8. Nanoteknologi
Nanoteknology memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom
Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom. Nanometer mempunyai ukuran 1 per semilyar meter yang mungkin sangat kecil sekali dan sulit dipegang dengan tangan kosong. Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan material-material baru di masa depan. Saat ini nanoteknologi telah cukup banyak dikembangkan untuk membuat infrastruktur yang berhubungan dengan internet seperti salah satunya adalah kabel serat optik.

9. Rekayasa Genetika

Manusia telah berhasil memetakan gennya dalam proyek raksasa "The Human Genome Project". Dengan data ini manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi dari tiap gen dalam tubuh manusia. Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen penyebab kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan, bahkan gen khusus yang mengatur proses penuaan dan yang terbaru ini rekayasa genetik seekor nyamuk di daerah Zika, yang lebih dikenal dengan Virus Zika.

Virus hasil rekayasa genetik ini berasal dari darah monyet di hutan tropis Zika, Uganda yang telah terkena virus ini dan kemudian dilakukan experimental forest sentinel rhesus monkey pada tahun 1947 di Zika, Uganda. Adanya virus Zika adalah referensi sejak tahun 1952 oleh Dick GW. Trans. R Soc. Trop. Med. Hyg. 46: 509, 1952.

Sementara itu nyamuk yang menulari virus Zika juga hasil modifikasi transgenetik atauGenetically Modified Mosquito’s (GMMs), yaitu nyamuk Aedes aegypti yang diberi kode:OX513A Aedes aegypti yang disebut juga sebagai “kill switch gene” yang pada awal bertujuan mengurangi pertumbuhan nyamuk Aides Aigepty di daerah Zika Uganda tersebut. Alhasil memang bisa menurunkan hingga 82% pertumbuhan nyamuk Aides tersebut, akan tetapi gigitan nyamuk hasil rekayasa genetik tersebut bisa membuat pertumbuhan otak bayi mengecil.

Jadi jelas terlihat bahwa virus Zika adalah “Senjata Biologi” atau Bio-Weapon atau Biological warfare (BW) atau germ warfare, sebagai “agen biologi” yang dibuat untuk misi khusus, terutama untuk senjata pemusnahan massal (weapons of mass destruction) baik itu langsung atau pun tak langsung atau dalam jangka waktu panjang.


10. Metamaterial 

"The announcement last November of an "invisibility shield," created by David R. Smith of Duke University and colleagues, inevitably set the media buzzing with talk of H. G. Wells's invisible man and Star Trek's Romulans".MIT Technology Review
 
Hanya beberapa tahun yang lalu, seluruh ilmuwan ternama dunia masih yakin bahwa tidak ada satupun material di dunia ini yang bisa membuat manusia menghilang. Itu benar-benar tidak mungkin, karena itu melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia. Tapi mereka semua salah.. Metamaterial, menjadi salahsatu bahan yang ramai dibicarakan. Bahan ini bisa membuat sesuatu, menjadi tidak terlihat. Sebuah baju yang menggunakan teknologi ini bisa membuat pemakainya "menghilang", seperti jubah ajaib dalam "Harry Potter". 
 
Sebuah pesawat tempur dengan bahan metamaterial akan jadi tidak terlihat, bukan sekedar tidak terlihat radar seperti teknologi "Stealth", tapi benar-benar tidak terlihat mata seperti alat cloaking device dalam Star Trek. 

Semoga bermanfaat,
DK

Sumber: