“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Monday, February 22, 2016

Masakan Khas Nusantara Yang Mendunia

Rumah Makan Salero Minang di Netherland Belanda

Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, negara kita tercinta, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan kulinernya yang beraneka ragam. Siapa sangka, masakan-masakan khas Nusantara yang diciptakan oleh nenek moyang kita kini telah dikenal dan diakui oleh dunia.

Salah satu masakan Nusantara yang dinobatkan sebagai hidangan terenak sedunia adalah rendang. Predikat rendang sebagai makanan terlezat ini masuk dalam daftar Word’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International pada 2011. Selain rendang, ternyata juga masih banyak masakan Indonesia lain yang diakui secara internasional. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Rendang


Masakan khas Padang ini menempati urutan pertama makanan nusantara yang mendunia. Rendang merupakan masakan berasal dari daging yang dipadukan dengan berbagai rempah-rempah dan memiliki cita rasa yang pedas. Untuk membuatnya, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam hingga daging kering dan bewarna hitam pekat.

Masakan yang berasal dari Sumatra Barat ini dapat dengan mudah kita temui diberbagai penjuru Indonesia. Dimana ada warung Padang, disitu pasti menjual masakan rendang. Pasti kamu juga pernah mencobanya, kan?

2. Nasi Goreng


Nasi goreng adalah makanan yang sangat mudah kita temukan di berbagai wilayah Indonesia. Nasi goreng dijual di berbagai tempat, mulai dari di pinggir-pinggir jalan hingga di restoran mewah. Makanan ini menjadi favorit banyak orang, termasuk para wisatawan asing yang datang ke Indonesia.

Nasi goreng terbuat dari nasi yang digoreng dicampur dengan bumbu-bumbu khas pribumi dan dipadukan dengan daging ayam, telor atau racikan sayur yang lain. Ternyata, nasi goreng juga telah go internasional dan dijual di luar negeri. Cita rasa nasi goreng ini memang mampu membuat semua orang tergoda.

3. Gado-gado


Gado-gado adalah masakan khas Indonesia yang dibuat dari berbagai macam campuran sayur dan buah-buahan. Ada mentimun, kangkung, wortel, bayam, kol, telor, dan berbagai bahan lainnya. Biasanya bahan-bahan tersebut diolah dengan bumbu kacang sehingga mengunggah selera.

Gado-gado tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga termasuk makanan yang sehat dan bervitamin. Jadi tidak heran jika gado-gado masuk dalam daftar makanana nusantara yang telah mendunia.

4. Soto


Makanan berkuah yang terdiri dari sayuran, daging, dan cita rasa bumbu rempah-rempah ini memang sangat tepat dinikmati di siang hari dengan sepiring nasi. Rasanya yang gurih dan bumbu yang terasa kental menjadikan lidah kita ketagihan.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki masakan soto dengan rasa khas tersendiri, seperti soto lamongan, Soto Kudus, Soto Makassar, Soto Betawi, Soto Ayam, Soto Daging dan sebagainya.  Nyatanya, masakan soto ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia tetapi juga para bule luar negeri.

5. Gudeg


Gudeg adalah salah satu makanan khas dari daerah Yogyakarta. Makanan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan santan ini juga menjadi masakan favorit dunia.

Biasanya gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan bersama kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

6. Bakso


Jangan ngaku orang Indonesia kalau belum pernah mencicipi nikmatnya bakso. Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dicampur dengan tepung terigu dan dibikin bulat-bulat. Pada umumnya, bakso dicampur dengan kuah yang berbalut dengan minyak dan bumbu.

Bakso menjadi makanan favorit anak-anak sekolahan, kuliahan, hingga orang dewasa. Bakso dapat kamu temukan dimanapun, di pinggir-pinggir jalan, warung, hingga restoran mewah. Masakan bakso menjadi makanan yang digemari banyak orang, termasuk orang asing.

7. Ketoprak


Sudah pernah mencicipi enaknya masakan ketoprak? Masakan ini dibuat dengan bahan baku beras yang direbus dengan daun pisang atau kelapa.

Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau pedagang kaki lima. Baha utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Ketoprak juga menjadi makanan favorit para wisatawan asing.

8. Sate


Sate, hampir semua orang menyukai sate. Makanan berbahan dasar daging yang ditusuk-tusuk dan dibakar dengan arang ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Sate dapat membantu menaikan darah rendah dan meningkatkan metobolisme tubuh agar lebih bergairah.

Sate dapat diolah dari berbagai macam daging, seperti daging ayam, daging kambing, daging kuda, dan daging kelinci. Tidak perlu ditanyakan lagi, masakan ini telah berhasil menyihir lidah para wisatawan luar negeri.
Itulah beberapa masakan khas Nusantara yang telah menyihir lidah wisatawan asing. So, bangga dong ternyata warisan nenek moyang kita berhasil diakui oleh dunia.

Semoga bermanfaat,
DK