“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, July 4, 2014

Resep Pempek Pistel

Pempek Pistel
Bahan adonan pempek:
- 400 gram daging ikan tengiri atau ikan lainnya yang dagingnya berwarna putih
- 300 - 400 gram tepung tapioka atau sagu tani
- 200 ml air es
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 siung bawang putih, goreng sebentar
- 1 sendok teh air kapur sirih (saya tidak pakai)

Bahan & bumbu isi pempek:
- 300 gram pepaya muda
- 100 ml santan dengan kekentalan sedang
- 2 siung bawang putih, iris halus
- 3 siung bawang merah
- 2 sendok makan ebi halus
- 1/2  s/d 1  sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan & bumbu saus cuko:
- 500 ml air
- 150 gram gula jawa/gula aren, sisir halus
- 50 gram gula pasir
- 50 gram cabai merah keriting
- 50 gram cabai rawit
- 50 gram bawang putih
- 4 sendok makan cuka
- 4 sendok makan kecap asin
- 2 sendok makan ebi halus
- 1 sendok teh garam

Pelengkap:
- Irisan ketimun
- Mie kuning (saya tidak pakai)

Cara Membuat isi pempek pistel:
  1. Sangrai ebi di wajan menggunakan api kecil hingga ebi kering, agak kecoklatan dan harum. Angkat dan dinginkan. Masukkan ke gelas blender untuk menggiling aneka biji, proses ebi hingga halus. Saya membuat ebi giling ini agak banyak dan saya simpan di dalam toples tertutup rapat, sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal mengambil sesuai takaran yang diperlukan. Ebi giling ini bisa anda tambahkan juga ke aneka tumisan sayur atau makanan berkuah yang anda buat untuk membuat cita rasa masakan menjadi gurih.
  2. Kupas pepaya yang masih muda, belah memanjang menjadi beberapa bagian untuk memudahkan kita memarutnya. Parut menggunakan parutan rujak buah atau iris-iris bentuk korek api. Masukkan ke mangkuk, beri 1 sendok teh garam dan remas-remas hingga parutan pepaya lemas. Cuci bersih dan tiriskan. 
  3. Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak goreng dan panaskan. Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan ebi halus, aduk rata. Tambahkan santan, garam, gula pasir, merica dan kaldu bubuk, aduk dan masak hingga santan berkurang. Masukkan pepaya muda, aduk-aduk hingga tumisan mengering dan matang. Cicipi rasanya, angkat dan sisihkan.

Cara Membuat pempek:
  1. Siapkan ikan yang akan kita pergunakan, pisahkan daging ikan dengan kulit dan tulangnya. Cincang kasar di talenan  menggunakan pisau tajam agar serat-seratnya terputus untuk memudahkan kita menghaluskannya. Kerok daging yang menempel di tulang dan kulit menggunakan sendok makan.
  2. Masukkan daging ikan, garam, bawang putih, kaldu bubuk dan air es ke dalam food processor atau blender dan proses hingga halus. Tuangkan ke dalam mangkuk besar. Tambahkan tepung sagu/tapioka dan aduk menggunakan spatula hingga tercampur. Kemudian uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan masih lengket, taburi tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang bisa dipulung. Sisihkan.
  3. Bagi adonan menjadi masing-masing seberat 70 gram, bulatkan adonan di telapak tangan. Letakkan bulatan adonan di talenan atau meja datar yang telah ditaburi tepung. Pipihkan dengan menggunakan telapak tangan hingga adonan melebar dengan diameter sekitar 10 cm. Beri 1 1/2 sendok makan tumisan isi pada salah satu sisinya. Tutup adonan hingga membentuk setengah lingkaran atau seperti pastel. Tekan-tekan bagian tepi sambungan menggunakan ujung garpu hingga rapat. 
  4. Rebus air agak banyak di panci hingga mendidih, masukkan pempek pistel ke dalamnya dan rebus hingga pempek mengapung dan matang. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Tiriskan pempek yang mengapung, kemudian goreng di minyak panas hingga kecoklatan pada kedua permukaannya. Angkat. 
Cara Membuat saus cuko:
Siapkan panci, masukkan air dan semua bumbu saus cuko. Masak hingga mendidih dan matang, cicipi rasanya. Angkat dan saring.

Semoga bermanfaat,
Ded Lee