“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, July 4, 2014

Resep Pempek Model

Pempek Model
Bahan Pempek Model:
500 gram ikan giling
500 gram tepung sagu tani
2 butir telur ayam
70 gram tepung terigu
5 siung bawang putih, haluskan
2 sendok makan muncung garam halus
2 sendok teh muncung gula pasir
½ sendok teh kaldu bubuk
200 ml air putih
4 buah tahu putih iris menjadi 6 bagian ( tahu ini untuk isi pempeknya )
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pempek

Bahan kuah Model :
7 buah  bawang merah
4 siung bawang putih
2 sendok makan penuh ebi ( saya pakai ebi karena tidak punya udang segar, model dan tekwan adalah pempek yang dinikmati dengan kuah kaldu udang )
3 sendok makan minyak goreng
1 buah bengkoang (potong korek api)
7 buah jamur kuping (rendam pakai air hangat sampai mengembang, ptong-potong)
7 buah kembang sedap malam (rendam pakai air hangat, potong-potong )
Garam secukupnya
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan kaldu bubuk
2 Ltr Air

Bahan Penyajian:
mie soun secukupnya
timun cacah secukupnya
daun seledri secukupnya
bawang goreng secukupnya
kecap jika suka
sambal ( cabai rawit yang digoreng dan di tumbuk kemudian diberi sedikit kuah model )

Cara membuatnya:
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan tepung terigu terlebih dahulu, caranya adalah campur air, tepung terigu, garam, gula, kaldu dan bawang putih di dalam sebuah panci. Kemudian masak dengan api sedang sampai meletup-letup. Itu tanda bahwa adonan sudah matang. Angkat dan dinginkan.
  2. Setelah adonan tepung terigu dingin, campur dengan ikan giling dan telur, aduk rata.
  3. Langkah selanjutnya masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diulen. Jika tepung sagu habis dan campuran adonan sudah tercampur rata, maka hentikan proses pengulenannya karena kalau terlalu banyak diuleni pempek akan menjadi keras.
  4. Bentuk adonan pempek menjadi bulat lalu pipihkan dan isi tahu yang sudah dipotong kemudian bentuk bulat lagi sampai tahunya tertutup. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis.
  5. Goreng model sampai matang, gunakan api sedang agar model matang merata.
  6. Jika model sudah jadi, maka kita tinggal membuat kuahnya. Langkah awal yang dilakukan adalah haluskan bawang merah, bawang putih dan ebi kemudian goreng sampai harum.
  7. Masak air sampai mendidih lalu masukkan bumbu yang sudah di goreng tadi.
  8. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk.
  9. Setelah itu masukkan bengkoang, kembang sedap malam dan jamur kuping. Masak kuah sampai bengkoang, kembang sedap malam dan jamur kuping matang.
  10. Model dan kuah matang, tinggal disajikan di dalam mangkuk saji. Langkah yang harus di lakukan adalah masukkan model yang sudah di goreng tadi ke dalam kuah model, rebus sebentar sampai model sedikit mengembang. Ambil model dan iris-iris lalu masukkan ke dalam mangkuk.
  11. Tambahkan mie soun dan kuah beserta isiannya seperti bengkuang, jamur kuping dan kembang sedap malam, kemudian beri cacahan timun dan bawang goreng.
  12. Model ikan khas Palembang siap di sajikan, jika tidak suka pedas dan manis, model bisa di nikmati begitu saja. Namun kalau suka pedas, bisa ditambahkan sambal dan kecap. Inilah jajanan Palembang yang masih banyak di nikmati di Palembang sendiri karena rasanya memang gak ngebosenin. Selamat mencoba dan menikmati.
Semoga bermanfaat,
Ded Lee