“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Wednesday, March 8, 2017

Cara Memancing Ikan Tenggiri


Tenggiri adalah salah satu ikan favorit sebagian besar penduduk indonesia karna bernilai gizi tinggi juga memiliki rasa yang khas, masakan tenggiri yang cukup terkenal salah satunya empek empek palembang.

Selain memiliki rasa yang khas tenggiri juga menjadi salah satu target buruan pemancing, karna ikan tenggiri memiliki tarikan yang kuat saat fight dan juga sangat sensitif terhadap line/knur kita sehingga cara memancingnya pun harus memakai cara tersendiri dan memiliki sensasi tersendiri pula.

Ada beberapa teknik mancing yang sering di pakai untuk mancing tenggiri di antaranya: mancing koncer, grandong/ ranggung, casting memakai minnow, spoon, metal jig, kadang kadang bisa juga terpancing dengan teknik jigging dan teknik popping.


Berikut cara ampuh mancing tenggiri dengan teknik koncer :

Memancing tenggiri menggunakan teknik koncer yaitu mancing dengan menggunakan umpan hidup yang biasanya menjadi makanan tenggiri di habitat alaminya, seperti tembang kembung atau kadang ikan snoop(barracuda kecil) anakkan kuwe atau selar, tenggiri termasuk ikan yang sangat sensitif terhadap kondisi air, jika air laut kondisi keruh biasanya ikan ini pindah ke daerah yang kondisi airnya lebih jernih, itulah sebabnya ikan tenggiri lama menyambar umpan jika line yang kita pakai terlalu ke lihatan dalam air.

Gunakan kail ukuran 5 atau 7, senar ( mono filament 15 smp 20 lbs, karna saat banyak pemancing lain dalam satu spot semakin kecil senar yang di pakailah yang semakin cepat di sambar ikan, untuk menghindari putus terkena gigi tenggiri gunakan neklin kawat atau neklin 7x7 yg berdiameter kecil.

Cara merangkai : rangkai 2 mata kail dengan kawat seling atau neklin, kalau memakai neklin kawat cukup di ikat langsung ke kail dan swivel, kalau menggunakan seling 7x7 gunakan klem sesuai ukuran seling, lalu ujung di beri swivel panjang seling dari kail no 2 sekitar 7 sampai 10 cm usahakan jangan terlalu panjang semakin pendek semakin bagus cuma kalo kependekan beresiko putus.

Rangkaian Pancing Tenggiri menggunakan Kawat Seling

Sebelum mancing tenggiri biasanya kapten mengajak pemancing ke spot karang cetek atau pelampung (pengikat kapal). Untuk mencari umpan hidup dengan cara ngotrek, setelah dapat umpan akan langsung menuju spot yang biasanya banyak di huni tenggiri, untuk pulau seribu ikan tembang dan kembung yang menjadi makanan favorit tenggiri.


Tips memilih dan memasang umpan tembang hidup:

Cari umpan tembang hidup yang masih segar cari yang sisiknya belum banyak terkelupas, kait kan kail nomer dua ke punggung ikan usahakan jangan terkena sirip atau terlalu dalam biar umpan tidak cepat mati kemudian lemparkan ke spot tempat tenggiri biasa mencari makan posisinya ada di kepala arus, atau bisa langsung di lepaskan dan biarkan ikan berenang mengikuti arus.

Ikan tenggiri hasil pancing
Selama proses menunggu sambaran rod bisa di tempatkan di rod holder yang ada di kapal dengan cara menyetel drag dengan kendor sekitar 30 persen dari kekuatan senar, setting drag ini sangat penting karna tenggiri perenang cepat dan memiliki tenaga sangat kuat jadi kalo tidak benar cara setting dragnya bisa di pastikan putus tapi jangan kuatir tenggiri tidak bertahan lama saat fight jadi kelemahan ini yg kita manfaatkan.

Saat tenggiri menyambar umpan, kita sentak joran untuk memastikan kail menancap dengan sempurna, kemudian kencangkan drag hingga 40 sampai 50 persen dari kekuatan senar, ini untuk memberi tekanan kepada ikan supaya cepat ke habisan tenaga saat joran mulai bisa di pompa, lakukan dengan halus dan kuasai keadaan sampai ikan mendekat ke kapal jangan buru2 di ganco karna ikan akan kembali berontak sekuat tenaga dan biarkan ikan kembali menjauh kemudian pompa lagi sampai mendekat baru siapkan ganco, kalo ternyata masih mampu berontak ulangi lagi karna yang ketiga kali sudah bisa di pastikan tenggiri sudah menyerah.

Sekian tips mancing dengan teknik koncer, baca juga trik mancing untuk teknik mancing Tenggiri babon

Semoga bermanfaat.
DK

Sumber: