“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Monday, March 6, 2017

Korut Luncurkan 4 Rudal Balistik

Keempat Rudal Balistik yang diluncurkan Korut
Pyongyang - Militer Korea Utara (Korut) meluncurkan empat rudal balistik ke arah timur Semenanjung Korea. Tiga rudal di antaranya dilaporkan jatuh di perairan Jepang, tepatnya di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) mereka. 

Dilaporkan Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel), seperti dilansir AFP, Senin (6/3/2017), sejumlah rudal ditembakkan oleh Korut ke arah Laut Timur, atau yang juga disebut Laut Jepang pada Senin (6/3) waktu setempat. Korsel bersama Amerika Serikat (AS) memantau pergerakan rudal itu. 

"Untuk jangkauan, diketahui rudal itu memiliki jangkauan sekitar 1.000 kilometer," terang Kementerian Pertahanan Korsel dalam pernyataannya. 

"(Militer Korsel) Memantau militer Korut, secara saksama terhadap provokasi lebih lanjut dan mempertahankan kesiapan militer," imbuh kementerian. 

Menanggapi peluncuran rudal-rudal itu, Pelaksana Tugas Presiden Korsel Hwang Kyo-Ahn langsung menggelar rapat Dewan Keamanan Nasional (NSC). 

Secara terpisah, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut empat rudal Korut diluncurkan nyaris secara serempak. PM Abe juga menyebut, tiga rudal Korut jatuh di dalam ZEE Jepang. 

Lokasi jatuhnya rudal Korut

Peluncuran empat rudal Korut ini dilakukan setelah Korsel dan AS melakukan latihan militer gabungan yang memicu kemarahan Korut. Rezim Korut mengecam latihan militer gabungan itu sebagai aksi provokatif untuk invasi militer. 

Korut bahkan mengancam pihaknya akan melakukan aksi balasan nuklir tanpa ampun. "Sekarang imperialis AS dan pasukan bonekanya Korsel, menggelar latihan perang nuklir yang berbahaya terhadap DPRK di ambang pintu, militer kita akan melawan mereka dengan aksi balasan yang paling tangguh," ujar juru bicara militer Korut dalam pernyataannya seperti dikutip kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Sumber:
https://news.detik.com/internasional/3439043/korut-luncurkan-4-rudal-balistik-jatuh-di-perairan-jepang


Rudal Korut Jatuh di Wilayahnya, PM Jepang: Ini Babak Baru Ancaman

Tokyo - Tiga dari empat rudal balistik yang diluncurkan militer Korea Utara (Korut) jatuh di perairan Jepang, bahkan salah satunya hanya berjarak 300 kilometer dari garis pantai negara tersebut. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut aksi Korut ini sebagai ancaman babak baru.

"Korea Utara hari ini menembakkan empat rudal balistik nyaris serentak dan rudal-rudal itu mengudara sejauh 1.000 kilometer. Tiga rudal di antaranya mendarat di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara kita," sebut PM Abe di hadapan parlemen Jepang, seperti dilansir AFP, Senin (6/3/2017).

"Ini jelas menunjukkan bahwa Korea Utara telah memasuki babak baru untuk ancaman mereka," imbuhnya.

Lebih lanjut, PM Abe menyatakan akan segera menggelar rapat Dewan Keamanan Nasional (NSC) membahas rudal Korut ini. "Peluncuran ini jelas merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan (PBB). Ini merupakan aksi yang luar biasa berbahaya," tegas PM Abe.

Secara terpisah, seperti dilansir Reuters, Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada menyebut tiga rudal Korut itu jatuh di wilayah perairan yang berjarak hanya 300 kilometer sebelah barat laut pantai Jepang, atau tepatnya dari Semenanjung Oga di Prefektur Akita.

Insiden ini merupakan kedua kalinya rudal Korut mendarat di dalam ZEE Jepang. ZEE merupakan zona berjarak 200 mil laut atau 370 kilometer dari setiap garis pantai yang memberikan hak kepada negara yang bersangkutan, untuk mengeksploitasi sumber daya alam di perairan tersebut. Pada Agustus 2016, sebuah rudal balistik ditembak langsung ke ZEE Jepang, yang memicu kecaman komunitas internasional.

"Peluncuran berulang kali oleh Korea Utara merupakan aksi provokasi yang serius bagi keamanan dan jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Kita tak pernah bisa menoleransi hal ini," tegas PM Abe.

Patroli Penjaga Pantai Jepang langsung melakukan pemeriksaan di perairan yang menjadi lokasi jatuhnya rudal Korut. Untuk sementara, dilaporkan tidak ada kerusakan terhadap kapal-kapal yang berlayar di sekitar lokasi jatuhnya rudal.

Sumber:
https://news.detik.com/internasional/d-3439063/rudal-korut-jatuh-di-wilayahnya-pm-jepang-ini-babak-baru-ancaman