“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Thursday, March 30, 2017

Spot Mancing Baterai Merak Banten

Lokasi pemancingan Baterai (Penghalang Ombak), Merak Banten

Kabar gembira atau berita baru, ada sebuah lokasi mancing atau hotspot area baru yang cukup strategis bagi anda yang punya hobi memancing ikan laut atau mancing dilaut. Sebetulnya lokasi ini bukanlah hal yang baru anda dengar, tetapi lokasi ini adalah sebuah tempat yang belum lama ini baru dibangun oleh pihak ASDP Pelabuhan Merak – Cilegon – Banten.

Rute dari perahu penyebrangan ke lokasi Baterai

Lokasi mancing ikan laut atau hotspot mancing dilaut ini tepatnya ada diseberang pelabuhan Merak – Cilegon – Banten, yaitu ada di Pulau Merak yang terlihat dari pelabuhan penyeberangan di Merak. Disana ada sebuah bangunan tembok penahan gelombang laut yang dibuat dari cor-coran beton atau Baterai kata orang jakarta yang suka mancing di pelabuhan sunda kelapa.

Lokasi tempat parkir kendaraan dan tempat naik perahu penyebrangan

Pada lokasi seperti ini sangat baik sekali buat acara mancing kasting dengan berbagai cara atau teknik memancing ikan laut, seperti teknik mancing kasting dasar, teknik mancing kasting permukaan dan teknik mancing kasting melayang. Sangat cocok bagi anda yang baru belajar memancing ikan dilaut atau pemancing pemula, disini ada bisa berkreasi dengan mencoba berbagai macam teknik mancing yang telah anda pelajari dan kuasai.

Di Selat Pulau Merak ini mempunyai struktur dasar lautnya yang bermacam-macam, ada terumbu karangnya, dasar laut yang berpasir dan berlumpur, ada pula padang lamunnya. Jadi cukup lengkap untuk sebuah mini ekosistem laut nya, ikan lautnya sebagai penghuni pada perairan selat pulau merak ini juga bervariasi, ada ikan kuwe gerong, ikan manyung, ikan kakap putih, ikan tanda-tanda, ikan kuwe rambut, ikan kerapu berbagai macam jenis, ikan cendro, ikan kurisi, ikan kuniran, ikan baronang tompel, ikan baronang jalu, ikan bawal hitam, ikan bawal putih, ikan sembilang, ikan kembung, ikan selar, ikan tembang, cumi-cumi, cumi karang, ikan belut laut, ikan pari dan masih banyak lagi jenis ikannya disana, sesuai dengan musim yang berlaku didaerah tersebut.

Cobalah anda datang kesana untuk membuktikannya, dengan cara menuju ke terminal bus Merak – Cilegon – Banten, terus anda menyeberang dengan menggunakan jasa penyeberangan perahu nelayan setempat dengan tarif sekitar Rp 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah) Pergi Pulang (PP). Atau anda bisa turun sebelum terminal Bus merak, tepatnya turun didepan kantor Polsek Merak – Cilegon – Banten, langsung anda jalan kaki saja melalui gang yang ada disamping kantor Polsek untuk menuju ke tempat sewa perahu penyeberangan ke tempat lokasi mancing di tembok penahan gelombang di pulau merak.

Biasa pada hari Sabtu dan Minggu sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang yang hobi mancing ikan laut, dari berbagai macam tipe pemancing, ada orang tua, orang dewasa dan anak-anak. Mereka semua hanya mencari hiburan sebagai kesenangan individu untuk menyalurkan sebuah hobi yang disukainya. Tetapi saya harap anda harus ekstra hati-hati apabila anda memancing dilokasi ini, karena selat pulau merak ini kadang kala berarus air yang sangat deras sekali, jangan sampai anda tercebur kedalam air.

Kedalaman air laut kira-kira antara pantai sampai pertengahan selat adalah 0 ~ 30 Meter dibawah permukaan laut, cukup dalam dan merupakan habitat ikan-ikan dari jenis ikan demersal dan ikan pelagis.

Semoga bermanfaat,
DK

Sumber: