“ittaqunnar walau bisyiqqo tamrotin: Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

Friday, January 13, 2017

Inovasi Wiper Mobil Mercedes

Air keluar dari celah-celah wiper
Cara kerja wiper mobil umumnya begini: air akan keluar dari semprotan yang terletak di ujung kap, lalu kemudian bilah wiper akan mulai bergerak menyapu air bersamaan dengan kotoran yang menempel.

Masalahnya, sepersekian detik pandangan pengendara bakal terganggu oleh air yang keluar dari semprotan. Mercedes-Benz menangkap masalah ini. Mereka kemudian berinovasi dengan membuat wiper modern yang diberi nama Magic Vision Control.

Disalin dari laman media.daimler.com, Kamis (12/1/2017), meski dari segi nama terkesan menggunakan teknologi canggih, tapi pada dasarnya ide wiper ini sederhana.

Mercy mengubah posisi semprotan air ke bilah wiper. Semprotan air adalah lubang-lubang kecil yang memanjang di sepanjang bilah.



Cara kerjanya sangat sederhana. Ketika wiper diaktifkan, maka saat itu juga air akan keluar bersamaan dengan bergeraknya wiper. Beda dengan versi konvensional, di sistem ini tak ada waktu di mana pandangan menjadi buram karena air langsung tersapu bilah.

Sumber yang sama menyebut bahwa teknologi yang tersemat pada Mercedes-Benz SLK ini adalah yang pertama di dunia dan masih satu-satunya hingga sekarang.

Lebih menarik, ternyata air yang keluar bisa dipanaskan terlebih dulu. Ini terutama berguna untuk mencegah timbunan salju di negara-negara Barat.

Semoga bermanfaat,
Ded Lee

Sumber:
http://otomotif.liputan6.com/read/2824969/wiper-mercedes-benz-inovasi-sederhana-berdaya-guna-tinggi?ref=yfp